Pengaruh Kegiatan M3 (Menulis, Menggambar, Mengkolase) Terhadap Perkembangan Motorik Halus di TK Pembina Metro Utara
Main Article Content
Berdasarkan Observasi yang dilakukan di TK Pembina Metro Utara Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kegiatan M3 (Menulis, Menggambar,Mengkolase) di Tk Pembina Metro Utara Terhadap Perkembangan Motorik Halus”. Adapun yang menjadi permasalahan peneliti ini adalah pengaruh kegiatan M3 (Menulis, Menggambar, Mengkolase) terhadap kemampuan motorik halus anak usia 4-6 tahun di TK Pembina Metro Utara , dikarnakan terdapat perkembangan motorik halus anak yang belum berkembang secara maksimal hal ini terjadi karena anak belum bisa melakukan kegiatan secara mandiri tanpa bantuan guru, sehingga anak harus berlatih untuk melakukan kegiatan pembelajaran secara mandiri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen yang dilaksanakan dengan adanya pretest dan postest control group design, dengan populasi di TK Pembina Metro Utara dan mendapatkan sampel sebanyak 48 anak yang dibagi menjadi dua,kelas kontrol sebanyak 24 anak dan kelas experimen sebanyak 24 anak. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes, observasi dan dokumentasi. Analisis yang dilakukan dengan Uji validitas dan reabilitas serta Uji Ttest Untuk mendapatkan perbandingan yang mendapatkan hasil bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel. Maka dapat dibuktikan bahwa terdapat suatu pengaruh dari kegiatan menulis,menggambar,mengkolase terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia dini.
Andika, W. D., Utami, F., Sumarni, S., & Harini, B. (2022). Keterampilan Penting Sebelum Anak Siap Menulis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2519–2532. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1973
Damayanti, A., & Aini, H. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Melipat Kertas Bekas. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 67–68.
Dewi Sartika Ukar, Bahran Taib, B. A. (2021). Analisis Kreativitas Menggambar Anak Melalui Kegiatan Menggambar. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3(1), 117–128. https://doi.org/10.33387/cp.v3i1.2262
Farida, W. Z. & M. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 363. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347
HURLOCK, E. B. (1978). PERKEMBANGAN ANAK JILID 1,EDISI KEENAM (M. E. Agus Dharma, SH (ed.)). Penerbit Erlangga.
lham, M., Rahman, F., Sari, D. D., & Annisaturrahmi, A. (2023). Enhancing Preschool English Vocabulary Through Multimedia Tools: Insights from a Mixed-Methods Study . Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 93–102. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2023.92-02
Iqbal, M. ., Auliana, A., Dinda Sari, D., Rahman, F., & Haekal, M. . (2023). Unveiling The Linguistic Journey: Investigating Word Class Acquisition In 3-5 Year Old Children Through A Qualitative Approach. Child Education Journal, 5(1), 61–73. https://doi.org/10.33086/cej.v5i1.4234
Marpaung, Syazkia, Angelly, Nadya, N. . . (2022). Stimulasi Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-6 Tahun melalui Berbagai Kegiatan di RA Nurhidayah. Jurnal Edukasi ..., 2(2), 378–384. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5079
Nurul Kusuma Dewi, S. (2018). Stimulasi otorikhalususia 4-5 tahun melalui kegiatan senirupa. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 190–195.
Risbon Sianturi, Sima Mulyadi, W. F. M. (2022). Analisis Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di RA AL-Masoem Kabupaten Tasimalaya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.
Safitri, L. (2022). Perkembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini 5-6 Tahun melalui Kegiatan Memegang Pensil. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 492–502.
Tia Amelia, Didik Suryadi, M. E. D. (2022). Kemampuan Menulis Anak Kelompok B Di PAUD Segugus Anyelir Kota Bengkulu. 3(1), 52–63.