Kajian Literatur: Perkembangan Sosial Anak Usia Dini dengan Ibu Bekerja
Main Article Content
Perkembangan sosial anak dapat dipengaruhi oleh kehadiran sosok ibu. Ibu memiliki peran terbesar dalam mendidik dan merawat anak-anaknya, dan kehadiran perempuan di pasar tenaga kerja bukan tanpa kendala, namun ketika perempuan menjadi ibu dan memiliki anak di bawah usia lima tahun, ibu tidak hanya diminta untuk menjadi pendidik anak atau pembantu rumah tangga. Tetapi juga dituntut untuk bekerja dengan baik dan bahkan berperan aktif dalam masyarakat. Kelemahan keterampilan sosial anak dapat menyebabkan kesulitan penyesuaian diri, sehingga perilakunya cenderung kurang normatif (antisosial). Penelitian ini mencoba untuk mengetahui bagaimana pengaruh ibu bekerja dengan perkembangan sosial anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik literature review dengan menelaah jurnal-jurnal yang relevan dengan penelitian penulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu yang bekerja memiliki pengaruh yang positif dan negatif terhadap perkembangan sosial anak usia dini.
Almani, A. S., Abro, A., & Mugheri, R. A. (2012). Study of the Effects of Working Mothers on the Development of Children in Pakistan. International Journal of Humanities and Social Science, 2(11), 164-171.
Anoraga Panji, 2006. Psikologi Kerja, Rhneka Cipta Jakarta
Abdussamad, H. Z., & SIK, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.
Dhamayanti, H. (2008). Pengaruh Ibu Bekerja Terhadap Intensitas Komunikasi Dalam Keluarga di SMA Surabaya Selatan.
Ester, M., & Supartini, Y. (2004). Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. EGC.
Ester, M., & Supartini, Y. (2004). Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. EGC.
Fuadi, N., & Lifiani, L. (2022). Partisipasi Orang Tua Dalam Mengenalkan Alquran Melalui Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia 4 Sampai 6 Tahun. Seulanga : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 10–15. https://doi.org/10.47766/seulanga.v3i1.488
Irawan, R., Verawati, M., & Putri, D. R. (2019). Hubungan pola asuh ibu bekerja dengan perkembangan sosial anak usia prasekolah. Health Sciences Journal, 3(2), 33-42. https://doi.org/10.24269/hsj.v3i2.263
Ismiatun, A. N., & Suryono, Y. (2019). Pengaruh pengasuhan ibu yang bekerja terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di kabupaten purbalingga. Al-Abyadh, 2(2), 70-81. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/65
Jeon, S., & Neppl, T. K. (2019). Economic pressure, parent positivity, positive parenting, and child social competence. Journal of Child and Family Studies, 28(5), 1402-1412. https://doi.org/10.1007/s10826-019-01372-1
Kahfi, A. (2021). Dampak pembelajaran daring di masa pandemi covid 19 terhadap perkembangan kognitif anak. Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 14-23. https://doi.org/10.51476/dirasah.v4i1.219
Khadijah, M. A., & Jf, N. Z. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Teori Dan Strateginya. Merdeka Kreasi Group.
Siregar, M. (2007). Keterlibatan ibu bekerja dalam perkembangan pendidikan anak.
Muntiani, M., & Supartini, S. (2013). Hubungan ibu bekerja dengan perkembangan balita usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Desa Grogol Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. EMBRIO, 3, 46-52. https://doi.org/10.36456/embrio.vol3.no0.a1167
Ng, F. (2014). Asian American issues relating to labor, economics, and socioeconomic status. Routledge.
Perkins, G. (Ed.). (2016). Socioeconomic status: influences, disparities and current issues. Nova Publishers.
Poerwadarminta. (2003). Kamus Bahasa Indonesia: Balai Pustaka. Jakarta
Rahmatunnisa, S. (2019). Kelekatan Anak Dengan Ibu Bekerja Di Era Digital. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 6(1). https://doi.org/10.24036/104542
Soetjiningsih, C. H. (2018). Seri psikologi perkembangan: perkembangan anak sejak pembuahan sampai dengan kanak-kanak akhir. Kencana.
Soetjiningsih, D. S. A. K. (2013). Tumbuh kembang anak. Jakarta: Egc.
Sulistyowati, A., & Kasdiarti, R. (2016). Studi Tingkat Pengetahuan Ibu yang Bekerja Tentang Perkembangan Sosial Anak Prasekolah di Desa Simogirang Kecamatan Prambon, Sidoarjo. Nurse and Health: Jurnal Keperawatan, 6(1), 10-13. https://doi.org/10.36720/nhjk.v6i1.14
Syamsu, Y. (2011). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tong, L., Shinohara, R., Sugisawa, Y., Tanaka, E., Maruyama, A., Sawada, Y., ... & Anme, T. (2009). Relationship of working mothers’ parenting style and consistency to early childhood development: a longitudinal investigation. Journal of advanced nursing, 65(10), 2067-2076. https://doi.org/10.1111/j.1365-2648.2009.05058.x
Wibowo, A. (2012). Pendidikan karakter: Strategi membangun karakter bangsa berperadaban. Pustaka Pelajar.