Meningkatkan Konsep Bilangan Melalui Media Flipchart Bergambar pada Anak Kelompok A di TK IT Humaira Kota Lhokseumawe
Main Article Content
Peningkatan konsep bilangan anak belum berkembang secara optimal, (1) hal ini terlihat bahwa anak-anak kelompok A TK IT Humaira Kota Lhokseumawe ada beberapa anak yang masih belum memahami tentang bilangan, anak juga masih sukar dalam membandingkan sebuah benda atau kumpulan benda Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui media flipchart kelompok A TK IT Humaira Kota Lhokseumawe. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flipchart dapat meningkatkan konsep bilangan anak kelompok A TK IT Humaira Kota Lhokseumawe. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan presentase peningkatan konsep bilangan anak dimana pada tahap pra penelitian dan siklus I masih sangat rendah yaitu terdapat 10 anak atau 67% belum berkembang (BB) dan 5 anak atau 33% mulai berkembang (MB) anak yang memiliki kemampuan berkembang sesuai harapan (BSH) dan berkembang sangat baik (BSB) masih belum ada. Kemudian pada siklus II menunjukkan bahwa tidak ada lagi anak yang belum berkembang (BB) dan mulai berkembang (MB) 3 anak atau 20% berkembang sesuai harapan (BSH) dan 12 anak atau 80% berkembang sangat baik (BSB). (2) Proses pembelajaran yang dilakukan di TK IT Humakira Kota Lhokseumawe yaitu anak belajar tentang konsep bilangan, namun tidak semua anak yang dapat memahami konsep bilangan tersebut. Untuk menghadapi kendala tersebut maka dilakukanlah proses pembelajaran dengan media flipchart.
Badru Zaman, 2011. Media dan Sumber Belajar TK. (Jakarta: Universitas Terbuka).
Departemen Pendidikan & Kebudayaan RI, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD, (Jakarta: Departemen Pendidikan & Kebudayaan RI, 2014), 26
Hengki, Umrati Wijaya. Analisis Data Kualitatif: Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.2020.
Ibrahim. Metodologi Peneletian Kualitatif . Bandung: Alfabeta. 2018.
Sari, D. D., & Kasturi, K. (2020). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF KONSONAN MELALUI MEDIA PUZZLE HURUF DI TK JAYADI SAMAR KILANG ANAK USIA 5-6 TAHUN. Seulanga: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 57-65
Suharsimi Arikunto. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2010, hlm 2-3.
Permendiknas. Sitem Pendidikan Nasional Anak Usia Dini. Jakarta: Permendiknas. 2003.