Peran Media Flashcard dalam Mengenalkan Menghitung Permulaan pada Anak Usia Dini
Main Article Content
Media flashcard adalah kartu gambar multifungsi dalam pendidikan. Flashcard memiliki banyak peranan penting dalam menyampaikan pembelajaran, khususnya dalam mengenalkan meghitung permulaan pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini ialah memberikan pentingnya pemahaman tentang peran media flashcard dalam mengenalkan menghitung permulaan pada anak usia dini. Memberikan pengetahuan tentang kegunaan dan fungsi flashcard dalam mengenalkan menghitung permulaan. Penting bagi orang tua maupun pendidik mengenalkan menghitung permulaan yaitu sebagai upaya menstimulasi anak dalam mengenal angka melalui gambar-gambar yang tedapat pada kartu angka. Menghitung permulaan untuk anak adalah sekedar pengenalan matematika sederhana yang ditujukan untuk bekal memasuki jejang selanjutnya. Penjumlahan ini meliputi penggunaan konsep dari yang konkrit menuju ke abstrak, menghubungkan konsep suatu bilangan dan lambangnya. Selain itu juga menciptakan suatu bentuk benda sesuai dengan konsep bilangannya. Adapun pada Penelitian ini penulis menggunakan jenis kepustakaan (library research). Jenis kegiatan penelitian yang penulis lakukan ini adalah membaca buku, majalah, maupun dari berbagai sumber data lainnya untuk meghimpun data dari berbagai literatur terkait dengan judul yang penulis angat.
Aeni, K. (2018). Pengaruh Permainan Bowling Terhadap Kemampuan Matematika Permulaan Anak Kelompok A Tkit Al-Azkia Babakan Losari Kabupaten Cirebon. Institut Agama Islam Iai Bunga Bangsa Cirebon, 24.
Anisah, A. (2018). Pengembangan Kemampuan Berhitung Permulaan Menggunakan Alat Permainan Edukatif Kotak Pinguin Pada Anak Kelompok B Di Ra Masyithoh Nglondong Kec. Parakan Kab. Temanggung Tahun Pelajaran 2017/2018. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Neger Salatiga, 152(2), 18.
Fitriyani, E., & Nulanda, P. Z. (2017). Efektivitas Media Flash Cards dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 167–182.
Hollis, A. (2002). Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Universitas Garut Fakultas Pendidikan Islam Dan Keguruan Universitas Garut, 23–37.
Kahfi, A., Kahfi, A., Tinggi, S., & Islam, A. (2021). Dampak Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 Terhadap Perkembangan Kognitif Anak. 4(1), 14–23.
Komalasari, K. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Math terhadap Hasil Belajar Metematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2), 237–246.
Mudjiato. (2007). Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan Di Taman Kanak-Kanak. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pembinaan Taman Kanak Kanak Dan Sekolah Dasar.
Mullyani, D. T. (2019). Penerapan Media Gambar Untuk Meningkatkan Penerapan Media Gambar Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Di Ra At-Thohiriyah Skripsi Diajukan Untuk Melengkapi Tugas-Tugas dan Memenuhi Syarat- Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan. IAIN Metro Lampung, 4.
Salmiati, S. (2018). Penerapan Media Flash Card Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok A Paud Di Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Buah Hati, 5(2), 118–126.
Sang Ayu Putu Rahyuni, I., & Ketut Pudjawan, I. G. R. (2014). Penerapan Model Make a Match Berbantuan Media Kartu Angka Untuk Meningkatkan Perkembangan. E-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).
Suartini, K., Jampel, I., & Antara, P. (2016). Penerapan Metode Bermain Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Anak Kelompok A Semester II Di TK Negeri Desa Tigawasa. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2), 1–12.
Zarah Puspitaningtyas, A. W. K. (2016). Metode penelitian kuantitatif (pertama). Pandiva Buku.