Implementasi Permainan Tradisional Modifikasi Kubuk Manuk dalam Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini
Main Article Content
Penulisan dalam penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan konsep dan unsur matematika yang merujuk pada anak usia dini terkait implementasi permainan tradisional kubuk manuk dalam pembelajaran matematika AUD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode kualitatif deskriptif karena untuk mempermudah proses mendeskripsikan suatu keadaan yang diamati di lapangan. Anak usia dini yang berusia sekitar 5-6 tahun adalah subjek dalam penelitian ini dan berjumlah 12 anak yang ikut serta dalam permainan tersebut, lebih tepatnya anak-anak yang berada di Jalan Marunda, Kec. Cilincing, Kota Jakarta Utara 14120. Data yang diperoleh yaitu dari hasil observasi ke tempat tujuan, wawancara dan sesi dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut diketahui bahwa anak mampu mengenal dan mengurutkan angka bilangan sesuai dengan standard tingkat perkembangan anak melalui permainan tradisional modifikasi kubuk manuk. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa dari permainan tradisional modifikasi kubuk manuk bisa membantu mengembangkan keterampilan motorik halus anak, menambah kemampuan anak dalam mengenal angka bilangan dan mengurutkan angka mulai dari 1-10 sebagai media pembelajaran matematika anak usia dini. Serta dengan adanya permainan tersebut anak menjadi termotivasi dan lebih bersemangat dalam suatu proses pembelajaran.
Achsa, A. M. (2018, July). PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR HITUNG PADA ANAK MELALUI PERMAINAN KUBUK MANUK. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN (SENDIKA) 2018.
Astuti, N. ., Astuti, M., & Dewi, K. (2022). Pengaruh Bermain Finger Painting Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Anak Soleha Palembang. Seulanga : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.47766/seulanga.v3i1.196
Azijah, I., & Adawiyah, A. R. (2020). Pertumbuhan dan Perkembangan Anak: Bayi, Balita, dan Usia Prasekolah. Penerbit Lindan Bestari.
Damayanti, A. D. M., & Putranti, R. D. (2016). Pembelajaran matematika dalam permainan tradisional engklek untuk siswa SD kelas V. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Terapannya Universitas Jenderal Soedirman (pp. 253-260).
Fadlillah, M. (2019). Buku ajar bermain & permainan anak usia dini. Prenada Media.
Kw, L. (2011). Konsep matematika untuk anak usia dini.
Mahrizki, F., Elfiadi, E., & Sari, D. D. (2022). Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK IT Al-Manar Kec. Bukit Kab. Bener Meriah. Jurnal Raudhah, 10(2). http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v10i2.2039
Mulyani, N. (2016). Super asyik permainan tradisional anak Indonesia. Diva Press.
Novikasari, I. (2016). Matematika dalam program pendidikan anak usia dini (PAUD). Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 1-16.
Rahayu, R. (2016). Permainan edukasi berbasis keunggulan lokal Dalam pembelajaran matematika. In Prosiding Seminar Nasional Psikologi Universitas Muria Kudus (pp. 1-11).
Sujarwo, S. (2010). Mendidik: Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. Diklus, 14(1)
Widya, R., & Psi, S. Permainan Tradisional Berbasis Multimedia. Jejak Pustaka.