Implementasi Prinsip-Prinsip Pembelajaran di Fatma Kenanga Kota Bengkulu Tahun 2022/2023
Main Article Content
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan upaya-upaya yang telah dilakukan guru dalam menciptakan pembelajaran efektif berdasarkan prinsip- prinsip pembelajaran di PAUD Fatma Kenanga. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan observasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi dari prinsip pembelajaran di PAUD Fatma Kenanga Kota Bengkulu telah menerapkan seluruh prinsip dalam pembelajaran. Sedangkan dari keti-12 prinsip pembelajaran di PAUD Fatma Kenanga, ada 6 prinsip yang sering dilakukan oleh guru, yaitu berorientasi pada kebutuhan anak, pembelajaran anak sesuai dengan perkembangan anak, belajar melalui bermain, interaksi sosial anak, stimulasi secara holistik dan merangsang keaktifan dan inovasi. Tetapi ada prinsip yang berada pada kategori cukup sering atau jarang diupayakan oleh guru untuk menciptakan pembelajaran efektif. Dari ke-12 prinsip tersebut, prinsip mengembangkan kecerdasan majemuk, prinsip tahapan anak usia dini, lingkungan yang kondusif, mengembangkan kecakapan hidup, memanfaatkan potensi lingkungan, pembelajaran sesuai dengan kondisi sosial budaya adalah prinsip yang paling jarang dilakukan oleh guru. Kesimpulannya, guru dan sekolah telah berupaya untuk menciptakan pembelajaran efektif berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran di PAUD Fatma Kenanga tetapi masih memerlukan peningkatan dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip pembelajaran.
Anita Husnawati, S. F. (2021). PROSIDING Kajian Merdeka Belajar Pada Pendidikan Anak Usia , 30-36.
Asmawati, L. (2014). Perencanaan pembelajaran PAUD. Yokyakarta: Remaja Rosdakarya.
Aziz, S. (2017). Pembelajaran Aktif Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kalimedia.
Bariyyah, K. (2016). Asessment Perkembangan Moral Agama Pada Anak Usia Dini. Volume2, No 1,29-41.
Budiana, i. (2022). Strategi Pembelajaran.
Hidayati, L. N. (2021). Prinsip-Prinsip Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Skripsi.Universitas Islam Indonesia.
Hidayati, S. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: Kanaka Media.
Hilfi hanifah, F. A. (2018). Managemen Pembelajaran Bagi AUD Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Vol. 1, No. 3, 26.
Huliyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan Anak Usia DinI . Vol.1, No.1 , 62
Junaedi, I. (2019). Proses Pembelajaran yang Efektif. Vol. 3, No. 2, 20.
Lari Andres Sanjaya, I. K. (2022). Pengantar Strategi Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Moh Rifa’i, A. M. (2022). Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Penguatan Kominten Guru. Volume 6 Issue 4, 3740.
Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
Nopi Sri Rejeki, R. M. (2020). Survei Upaya Guru Dalam Menciptakan Pembelajaran
EfektifBerdasarkan Prinsip-Prinsip Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak. Vol. 15, No. 1, 14.
Rina Insani Setyowati, D. F. (2021). Perencanaan Pembelajaran Reggio Emilia. Vol. 1, No. 3,146-164.
Subadi, T. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Muhammadiyah University Press(MUP).
Suryadi. (2007). Cara efektif memahami perilaku anak usia dini. Jakarta: Penerbit Edsa Mahkota.
Tiara Pujianti, E. S. (2019). Peran Orang Tua Dalam Melakukan Financial Education Pada Anak Usia Dini. volume 16 (2) , 99-106.
Yaumi, M. (2014). Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.