Kemampuan Menulis Anak Menggunakan Permainan Finger Painting pada Kelompok B PAUD Kasih Bunda Ateuk Lam Ura Aceh Besar
Main Article Content
Menulis adalah suatu keterampilan yang dapat dipelajari setelah aspek kemampuan lainnya dikuasai. kemampuan menulis dapat dilatih salah satunya dengan menggunakan permainan fingger painting. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana pelaksanaan permainan finger painting dalam meningkatkan kemampuan menulis dan kemampuan motorik halus anak kelompok B PAUD Kasih Bunda Aceh Besar, bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis dan kemampuan motorik halus anak dengan menggunakan permainan finger painting pada kelompok B PAUD Kasih Bunda Aceh Besar. Tujuannya adalah untuk mengetahui cara pelaksanaan permainan finger painting dalam meningkatkan kemampuan menulis dan kemampuan motorik halus PAUD Kasih Bunda Aceh Besar, Mengetahui peningkatan kemampuan menulis dan kemampuan motorik halus anak dengan penggunaan permainan finger painting. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Istrumen yang digunakan adalah lembar observasi, jumlah sampel adalah 10 anak dan data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Pada prasiklus kemampuan naturalis anak masih pada kategori belum berkembang 70% (7 anak). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada gambaran aktivitas anak pada siklus I jumlah presentase dengan kategori belum muncul 60% (6 anak) kategori mulai muncul 20% (2 anak) kategori berkembang sesuai harapan 10% (1 anak) dan kategori berkembang sangat baik 10% (1 anak). Sedangkan pada siklus II tidak ada kategori belum muncul, mulai muncul, kategori berkembang sesuai harapan adalah 30% ( anak) kategori berkembang sangat baik adalah 70% (7 anak) Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan finger painting dapat meningkatkan kemampuan menulis anak
Ahmad 2009. Pengembangan Metode Pembelajaran Anak. Jogjakarta : Tunas Gemilang Press.
Arsyad 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Arikunto, 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Askara
Bambang sujiono, 2005. Hekekat perkembangan Motorik Halus anak. Universitas Terbuka. Jakarta
Bucil. 2010. Perkembangan Menuis Anak Usia Dini. Jakarta: Bumi Askara
Busthomi. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini. Cetakan ketiha Bandung.
Djamarah, Syaiful Bahri, dan Zain Aswan. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.
Djamaluddin.1999. Metode Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung. Khaifa
Darajat 1985. Metode Pembelajaran Anak Usia Dini. Surakarta: UNS Aksara
Gunarti , 2008. Metode pembelajaran AUD. Jakarta: Bumi Askara
Hurlock 1999. Quantum Teaching. Terjemahan Ary Nilandari Cetakan ke-18, Bandung: Kafia.
M. Yudha, 2005. Hakekat perkemabangan Motorik Halus anak. Insan Cendekia
Miftahul 2013. Kemampuan Motorik Halus Anak. Bandung. Remaja Rosda karya
Mulyasa 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. Remaja Rosda Karya
Mansur. 2011. Metode Pembelajaran Anak PAUD. Jakarta: Media komputindo
Noorlaila 2010. Perkembangan Motorik Anak. Bandung. Mandar maju
Poerwadarminta 1999. Metode Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Media Komputindo.
PerMen 58 Tahun 2009. Kementrian Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pembinaan TK dan SD.
Salim. 2010. Permainan Fingger Painting . Jakarta. PT Raja Grafindo Persada
Saiful,B, Djamarah, 2000. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sarah Fazilla, Noval Fuadi, Abdul Kadir, Anisaturrahmi, Fauziana, & Sari. (2022). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN KREATIF BAGI GURU MI DI KOTA LHOKSEUMAWE . J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(10), 2733–2738. Retrieved from https://www.bajangjournal.com/index.php/J-ABDI/article/view/1623
Siti Aisyah, 2008. Perkembangan Dan Konsep Dasar Perkembangan Anak Usia Dini . Jakarta. Universitas Terbuka.
Sumantri 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdikbut.
Sudjana 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya
Wardani. 2011. Metode Pengmbangan Fisik Anak. Universitas Terbuka
Yusuf, Syamsu. 2005. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja.Bandung : Rosdakarya