Self-Efficacy Mahasiswa dalam Pembuktian Matematis
Main Article Content
Pembuktian matematis merupakan kemampuan yang sangat penting bagi mahasiswa pendidikan matematika. Agar sukses dalam pembuktian matematis, diperlukan suatu keyakinan terhadap kemampuan dirinya sendiri. Keyakinan akan kemampuan diri untuk dapat mencapai suatu hal dinamakan self-efficacy. Karena pentingnya self-efficacy, sebuah penelitian telah dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana self-efficacy mahasiswa dalam pembuktian matematis. Kuesioner yang berisi 24 pernyataan diberikan kepada 44 mahasiswa salah satu universitas di Aceh Utara yang telah belajar topik metode pembuktian matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 40,1% mahasiswa memiliki self-efficacy tinggi, 59,9% mahasiswa dengan self-efficacy sedang dan tidak ada yang memiliki self-efficacy rendah. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kebanyakan mahasiswa memiliki self-efficacy sedang. Namun, tidak sedikit juga tingkat self-efficacy mahasiswa sudah berada pada level tinggi yang artinya mereka memiliki kepercayaan yang baik akan kemampuan dirinya untuk sukses dalam pembuktian matematis. Hal tersebut menjadi modal penting dalam usaha untuk terus meningkatkan kemampuan pembuktian matematis.
Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bandura, A. (1977). Self-efficacy: toward a unifying theory of behavioral change. Psychology Review, 84(2), 191–215.
Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action: A social cognitive theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. New York: WH Freeman.
Brodie, K. (2009). Teaching Mathematical Reasoning in Secondary School Classrooms. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09742-8
Chen, P. P. (2003). Exploring the accuracy and predictability of the self-efficacy beliefs of seventh-grade mathematics students. Learning and Individual Difference, 14(1), 79–92. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/j.lindif.2003.08.003
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications, Inc.
Hackett, G., & Betz, N. E. (1989). An ecploration of the mathematics self-efficacy/mathematics performance correspondence. Journal for Research in Mathematics Education, 3, 261–273.
Herizal, Suhendra, & Nurlaelah, E. (2020). Pengaruh Kemampuan Memahami Bukti Matematis terhadap Kemampuan Mengonstruksi Bukti Matematis pada Topik Trigonometri. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 17–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v6i1.8115
Hodds, M. (2014). Improving proof comprehension in undergraduate mathematics. Thesis. Loughborough University.
Houston, K. (2009). How to Think Like a Mathematician: A Companion to Undergraduate Mathematics. Cambridge: Cambridge University Press.
Iannone, P., & Inglis, M. (2010). Self-efficacy and mathematical proof: are undergraduate students good at assessing their own proof production ability? 13th SIGMAA on Research in Undergraduate Mathematics Education Conference.
Ministry of Education. (2007). The New Zealand curriculum. Wellington: Learning Media.
Pajares, F., & Graham, L. (1999). Self-efficacy, motivation constructs, and mathematics performance of entering middle school students. Contemporary Educational Psychology, 24(2), 124–139. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1006/ceps.1998.0991
Samparadja, H. (2014). Pengaruh Pendekatan Induktif-Deduktif berbasis Definisi Termodifikasi dalam Pembelajaran Struktur Aljabar terhadap Peningkatan Kemampuan Pembuktian dan Disposisi Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa. Disertasi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Solow, D. (2014). How to Read and Do Proofs. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Sunaryo, Y. (2017). Pengukuran Self-efficacy Siswa dalam Pembelajaran Matematika di MTsN 2 Ciamis. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (Teorema), 1, 39–44.
Zulkosky, K. (2009). Self-efficacy: A Concept Analysis. Journal Compilation, Wiley Periodicals, Inc, 44(22).