Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Di Kelas X SMK Negeri 1 Dewantara
Main Article Content
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran problem based learning lebih baik dari pada kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, yang menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Dewantara, sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas. Akan dipilih secara purposive sampling yaitu kelas X Akuntansi sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran problem based learning dan kelas X Teknik Pendinginan sebagai kelas kontrol menggunakan pendekatan saintifik. Pengolahan data menggunakan spss versi 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: nilai sig. (p-value) , maka ditolak yaitu 0,023 pada kelas eksperimen dan 0,126 kelas kontrol sehingga data tidak berdistribusi normal, maka tidak diperlukan mencari homogenitas. Dari hasil uji Mann Whitney U-Test didapat nilai Asymp. Sig (1-tailed) yaitu 0,000 , maka ditolak sehingga peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pembelajaran problem based learning lebih baik secara signifikan dari pada kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pendekatan saintifik.
Ansari, B. 2009. Komunikasi Matematik Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Yayasan Pena.
Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Hendriana, H, dkk. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.
Hodiyanto. 2017. “Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika”. Jurnal AdMathEdu, volume 7 No. 1: 9-17.
Rofiah, A. 2010. “Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Depok Yogyakarta dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Inkuiri”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Pansa, E, H. 2017. “Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa”. Tesis. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Purnama, L, I. dan Afriansyah A, E. 2016. “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Melalui Model Pembelajaran Kooperaif Tipe Complete Sentence dan Team Quiz”. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 10 No. 1: 27-42.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Sumunaringtiasih, A. 2017. “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa”. Skripsi. Universitas Bandar Lampung.
Wahyuningrum, E. 2013. “Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematik dengan MEAs”. Jurnal Pendidikan, Volume 14 No. 1: 1-10.
Zaduqisti, E. 2010. “Problem Based Learning (Konsep Ideal Model Pembelajaran untuk Peningkatan Prestasi Belajar dan Motivasi Berprestasi)”. Jurnal Forum Tarbiyah Volume 8 No. 2: 181-191.