Penerapan Pembelajaran Matematika Berbasis Cergam Berkarakter dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar pada Materi SPLDV untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII
Main Article Content
Siswa sering kali mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran sehingga membuat siswa kurang aktif dan tidak menyukai pelajaran matematika. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu kegiatan pembelajaran yang dapat mmbuat siswa aktif dan kreatif dalam mengkontruksikan ide-idenya melalui penemuan sendiri agar lebih bermakna untuk membentuk dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Salah satu pendekatan yang mampu membuat siswa aktif dan dapat menghubungkan materi dengan kehidupan nyata yaitu pendekatan pembelajaran Contextual Teachingand Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan : untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan cergam berkarakter dengan pendekatan kontekstual lebih baik dari pada siswa yang diajarkan secara konvensional pada kelas VIII MTs Negeri 3 Aceh Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Data penelitian ini diperoleh dengan memberikan tes uraian yang terdiri dari soal pre-test dan post test. Tes tersebut bertujuan untuk melihat pengaruh hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Aceh Timur pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Aceh Timur, sedangkan yang menjadi sampel adalah kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji homogenitas dan normalitas data hasil tes dari kedua kelas tersebut diperoleh bahwa kedua sampel homogen dan normal, sehingga untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t pihak kanan. Kelas eksperimen dilakukan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran CTL dan pada kelas kontrol dilakukan dengan menggunakan secara konvensional. Hasil penelitian diperoleh thitung = 1,81 sedangkan nilai ttabel = 1,68 dengan demikian thitung> ttabel, yaitu 1,81 > 1,68 dengan α = 5% yang berarti tolak Ho, yang membuktikan bahwa “Pembelajaran matematika yang diajarkan berbasis cergam berkarakter dengan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajarlebih baik dari pada yang diajarkan secara konvensional pada materi SPLDV di kelas VIII MTsN 3 Aceh Timur”.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arifin, Zaenal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Corey. 1986. Teori Pembelajaran. Bandung: Scolastik.
Depdiknas. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran yang Efektif. Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Dewan Nasional Guru Matematika Tahun 2000.
Elmaiya. 2014. Perancangan Buku Cerita Gambar Cheng Ho ke Semarang. Universitas Dian Nuswantoro.
Hadi, Nur. 2014. Pembelajaran Konstektual. Malang: UM Press.
Karso dkk. 2009. Pendidikan Matematika 1. Jakarta: Universitas Terbuka.
Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Kurniawan, Syamsul. 2014. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Maksudin. 2013. Pendidikan Karakter Non-Dikotomik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyasa, E. 2014. Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyono, Abdurrahman. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Musnaini, Khairiani, dan Akmal, N. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Negeri 2 Meurah Mulia. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.2 No.2 Juli 2022
Narita, R., Kadir, A., dan Anwar, N. (2022). Penerapan Etnomatematika Kerajinan Aceh Pada Materi Geometri Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Di Smp Negeri 1 Syamtalira Bayu. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.2 No.2 Juli 2022
Purwanto, Muhammad Ngalim. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahmatika, Khairiani, dan Akmal, N. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.3 No.1 Juli 2022
Sudjana dan Rivai. 2007. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. 2010. Metode Penellitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thobroni, M. 2015. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Zubaedi. 2012. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Usman, Muhammad Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.