Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivsi Belajar di SMPN 9 Batam
Main Article Content
ABSTRAK. Guru merupakan seorang pengajar yang dimana memiliki bekal dalam ilmu pengetahuan. Guru sebagai motivator yang dimana memberikan arahan, pandangan, serta semangat dalam kegiatan belajar. Terlepas dari itu pelajaran matematika yang menguras pikiran yang bisa membuat jenuh sangat butuh yang namanya motivasi dan arahan. Dan adapun peran guru dalam proses belajar dan mengajar meliputi [1] Guru sebagai pendidikan. [2] Guru sebagai pengajar. [3] Guru sebagai sumber belajar. [4] Guru sebagai fasilitato. [5] Guru sebagai pengelola. [6] Guru sebagai pergerak. [7] Guru sebagai motivator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran seorang guru dalam meningkatkan motivasi belajar matematika di SMPN 9 Batam. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah waka kurikulum, guru bidang studi matematika, dan beberapa siswa-siswi kelas IX.10 di SMPN 9 Batam. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara terkait peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar matematika yang terdiri dari 6 indikator yaitu [1] Adanya hasrat atau keinginan untuk berhasil. [2] Adanya sebuah dorongan dan kebutuhan dalam belajar. [3] Adanya sebuah harapan dan cita-cita untuk menghadapi masa depan. [4] Adanya penghargaan dalam belajar. [5] Adanya suatu kegiatan yang menarik dalam belajar. [6] Adanya lingkungan belajar yang lbih kondusif sehingga memungkinkan siswa-siswi untuk dapat belajar dengan lebih baik lagi. Hasil dari penelitian ini adalah dalam penerapan pembelajaran dikelas seorang guru wajib memiliki hal hal yang mendukung sesuai dengan indikator dari motivasi belajar pada saat ini yang dikatakan dengan hal-hal yang mendukung yaitu [1] Ide, seorang guru harus memiliki ide yaitu pemikiran dan kreatifitas .[2] Analisis, guru harus bisa menganalis dan bisa melihat kelebihan dan kelemahan yang terjadi dikelas saat proses pembelajaran matematika.[3] Media, pada dasarnya proses belajar membutuhkan media baik itu media tertulis, audio bahkan visual. [4] Tata ruang, dimana guru bisa menata ruangan yang bisa memberi dampak positif dalam pembelajaran yang akan diterapkan. [5] Aktivitas kelas, aktivitas yang terjadi bisa diatur oleh guru baik dalam mengkonsepkan pembelajaran dan bisa memberi gambaran aktivitas kegiatan lokal. [6] Evaluasi, evalusi bisa menjadi umpan balik kepada guru untuk bisa mengembangkan pembelajaran yang akan diterapkan dalam pertemuan selanjutnya.
Azmi, N, dan Yunita, R. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Fungsi Kuadrat Di Kelas X Man 6 Aceh Utara. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.3 No.1 Juli 2022
Hartawan, H. Aan, ‘Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru Melalui Kepala Sekolah’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3.2 (2020), 386 <https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.29087>
Husna, Asmaul, Devy Rinjani, and Agus Tri Atmojo, ‘Peran Guru Kelas Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Madrasah Ibtidaiyah’, Jurnal Magistra, 12.2 (2021), 2021 <https://doi.org/10.31942/mgs>
Keban, Maria Lina, Selestina Nahak, and Yoseph Pius Kurniawan Kelen, ‘Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP’, Jurnal Saintek Lahan Kering, 1.1 (2018), 20–21 <https://doi.org/10.32938/slk.v1i1.440>
Kurniasari, rani, ‘Pemberian Motivasi Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Telekomunikasi Jakarta’, Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2.1 (2018), 32–39 <https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta/article/view/2551>
Marisa, Siti, ‘Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran Siswa Upaya Mengatasi Permasalahan Belajar’, Jurnal Taushiah, 9.2 (2019), 20–27 <https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/tsh/article/view/1786>
Maryam Muhammad, ‘Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran’, Lantanida Journal, 4.2 (2016), 90 <https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/download/1881/1402%0Ahttps://media.neliti.com/media/publications/287678-pengaruh-motivasi-dalam-pembelajaran-dc0dd462.pdf>
Mazaly, M.R., Dan Saragih, D.I. (2022). Penerapan Pembelajaran Matematika Melalui Media Komputer Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Smp Budi Agung Medan. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.3 No.1 Juli 2022
Minsih, Minsih, and Aninda Galih D, ‘Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas’, Profesi Pendidikan Dasar, 1.1 (2018), 20 <https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6144>
Muhammad, Maryam, ‘Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran’, Lantanida Journal, 4.2 (2017), 87 <https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881>
Purba, Yusnita Adelina, and Amin Harahap, ‘Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu’, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6.2 (2022), 1325–34 <https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1335>
Putu Parastuti Lestari, Ni, I Made Ardana, and I Putu Pasek Suryawan, ‘Analisis Motivasi Belajar Matematika Beserta Alternatif Solusinya Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Denpasar Di Masa Pandemi’, 16.1 (2022), 1858–0629
Rahmatika, Desi, Merika Setiawati, and Muriani, ‘Peran Guru Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMPN 7 Kubung’, Journal Papeda, 4.2 (2022), 132–38
Salma. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Equal Distrubution Group (Edg) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.3 No.1 Juli 2022
Sibagariang, Dahlia, Hotmaulina Sihotang, Erni Murniarti, ) Smk, and Pariwisata Paramitha, ‘Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia’, Jurnal Dinamika Pendidikan, 14.2 (2021), 88–99 <http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdpDOI:https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.53>
Susilo, Budi Hartanto, and Ivan Imanuel, ‘Analisis Lalu Lintas Penerapan Sistem Satu Arah Di Kawasan Dukuh Atas, Jakarta’, Jurnal Teknik Sipil, 14.2 (2019), 105–14 <https://doi.org/10.28932/jts.v14i2.1795>
Suwardi, Imam, and Ririn Farnisa, ‘Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa’, Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3.2 (2018), 181–202 <https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758>
Utami, Fadila Nawang, ‘Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2.1 (2020), 93–100 <https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.91>