Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Equal Distrubution Group (EDG) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Main Article Content
Guru merupakan sumber daya manusia yang sangat menentukan keberhasilan pendidikan, oleh karena itu guru harus memiliki metode dan pendekatan yang tepat serta media yang pasti sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Matematika merupakan mata pelajaran yang menakutkan bagi siswa, membosankan dan melelahkan. Pembahasan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada bilangan bulat dan pecahan melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif Equal Distribution Group (EDG) pada siswa kelas VII MTsN 11 Bireuen. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana penggunaan model pembelajaran kooperatif Equal Distribution Group (EDG) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan bulat dan pecahan di kelas VII MTsN 11 Bireuen. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan tes hasil belajar siswa, observasi dan catatan lapangan. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Equal Distribution Group (EDG) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dimana persentase ketuntasannya adalah 90,47%. Aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan, rata-rata persentase aktivitas guru adalah 84,35%. Sedangkan aktivitas siswa sebesar 86,71%.
Kata kunci: model pembelajaran EDG, hasil belajar
Alvin Vikiantika, Nurita Primasatya, and Yoeni Erwati, “Peningkatan Hasil Belajar Siwa Sekolah Penggerak pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Media Pembelajaran Berbasis Flipbook,” Jurnal Basicedu 6, no. 2 (2022)
Anita Lie. 2002. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo
Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
BAB Li and A “Pembelajaran Kooperatif, “(cooperative Learning), 2013
Echols, John dan Shadily, Hassan. 2014. Kamus Inggris – Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Ibrahim. Muhsin dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press
Lailatul Mufidah, Dzukkifli Effendi, and Titi Teri Purwanti, ”Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS untuk meningkatkan Aktivitas belajar, Siswa pada pokok bahasan Matriks, “Jurnal Pendidikan Matematika 1,no.1(2013):117-25
Musnaini, Khairiani, Akmal, N. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif Terhadap Kemmapuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 2 Meurah Mulia. Jurnal Arr-riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.2, No.2 Januari 2022.
Muhali . Pembelajaran Inovatif Abad 21. Jurnal penelitian dan Pengkajian Ilmu pendidikan: e- saintika, 3(2),25-50. DOI: https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sutarto Hadi and Maidatina Umi Kasum, “Pemahaman Konsep Matematika siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Berpasangan (Pair Cheks),”EDU-MAT : Jurnal Pendidikan Matematika 3,no.1 (2015)
Universitas Ibn and Khaldun Bogor “Peningkatan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Matematika Konsep Penjumlahan Melalui Model Pemecahan Masalah” 3, no. 3 (2022): 239–46.