Analisis Kemampuan Literasi Statistik Siswa MTs Ditinjau dari Gaya Belajar
Main Article Content
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi statistik siswa MTs ditinjau dari gaya belajar. Subyek penelitian melibatkan siswa kelas VIII-1 MTsN 2 Kota Lhoseumawe sebanyak 17 siswa, 3 siswa diantaranya dipilih sebagai subjek wawancara yaitu 1 siswa untuk setiap jenis gaya belajar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen angket untuk mengklasifikasikan siswa berdasarkan gaya belajar, tes uraian dan wawancara semi terstruktur untuk menganalisis kemampuan literasi statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 17 siswa kelas VIII-1 diperoleh bahwa 7 siswa memiliki gaya belajar auditori, 4 siswa memiliki gaya belajar visual, 4 siswa memiliki gaya belajar kinestetik, dan 2 siswa memiliki gaya belajar auditori dan kinestetik. Subjek auditori mampu mengetahui informasi yang disajikan dalam soal dengan baik, mampu menafsirkan data dan mengambil keputusan, namun pada saat mengkomunikasikan subjek auditori tidak memberikan jawaban pernyataan yang benar. Subjek visual mampu mengetahui informasi yang disajikan dalam soal dengan baik dan benar, mampu menafsirkan data tabel ke diagram batang dan memberikan kesimpulan yang tepat, dan mampu menyajikan proses pengolahan data dari bentuk diagram. Subjek kinestetik mampu menyajikan data atau informasi dalam soal dengan baik, mampu menafsirkan data dan mengambil kesimpulan, dan mampu mengkomunikasikan data yang baik. Kondisi seperti ini menunjukkan bahwa siswa dengan berbagai kecenderungan belajar yang berbeda memerlukan layanan belajar yang berbeda, misalnya modifikasi model pembelajaran.
Franklin, C., Kader, G., Mewborn, D., Moreno, J., Peck, R., Perry, M., & Scheaffer. (2007). Guidelines for assessment and instruction in statistics education (GAISE) report: A pre-K-12 curriculum framework. … : American Statistical …, 9(August 2005), 1–112. http://www.amstat.org/Education/gaise/GAISEPreK-12_Full.pdf
Gal, L. (2002). Statistical Literacy: Conceptual and Instructional issues. Perspectives on Adults Learning Mathematic: Research and Practice (pp. 135–150).
Hidayati, N. A., Waluya, S. B., Rochmad, & Wardono. (2020). Statistics literacy: What, why and how? Journal of Physics: Conference Series, 1613(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012080
Ing, E. (2016). Aids to statistics literacy for ophthalmologists. Canadian Journal of Ophthalmology, 51(5), e142–e143. https://doi.org/10.1016/j.jcjo.2016.05.011
Lukman, Wahyudin, Suryadi, D., Dasari, D., & Prabawanto, S. (2022). Studying Student Statistical Literacy in Statistics Lectures on Higher Education Using Grounded Theory Approach. Infinity Journal, 11(1), 163–176. https://doi.org/10.22460/infinity.v11i1.p163-176
Masfingatin, T., & Suprapto, E. (2020). Student’s Statistical Literacy skills Based on the Reflective and Impulsive Cognitive Styles. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 273–286. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/6902/3935
Munthe, A.P.Br., Andini, R.T., Humayra, L., Harahap, (2023). Analisis Kesulitan Siswa SMA Terhadap Materi Statistika. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.4 No.1 Juli 2023
Oktiviani, F. N., Waluya, S. B., & Zaenuri, Z. (2021). Kemampuan Literasi Statistik dalam Pembelajaran Berbasis Proyek yang Dimodifikasi. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 235–247. https://doi.org/10.59525/ijois.v2i2.44
Priyambodo, S., & Maryati, I. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Statistis melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek yang Dimodifikasi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 273–284. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.496
Rahmatika, Khairiani, dan Akmal, N. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.3 No.1 Juli 2022
Setiani, N. W., Dewi, N. R., & Rochmad, R. (2021). Statistical Literacy Ability Viewed from the Student’s Field of Expertise and Curiosity. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 7(2), 125. https://doi.org/10.30595/alphamath.v7i2.10897
Sharma, S. (2017). Definitions and models of statistical literacy: a literature review. Open Review of Educational Research, 4(1), 118–133. https://doi.org/10.1080/23265507.2017.1354313
Watson, J., & Callingham, R. (2003). Statistical Literacy: a Complex Hierarchical Construct. Statistics Education Research Journal, 2(2), 3–46. https://doi.org/10.52041/serj.v2i2.553
Ziegler, L., & Garfield, J. (2018). Developing a statistical literacy assessment for the modern introductory statistics course. Statistics Education Research Journal, 17(2), 161–178. https://doi.org/10.52041/serj.v17i2.164