Minat Belajar Matematika Siswa Kelas XII TKJ Di SMK Pembina Bangsa Bukittinggi
Main Article Content
ABSTRAK : Minat belajar siswa merupakan kemauan ataupun keinginan dalam diri siswa untuk mempelajari sesuatu. Pada saat siswa mempunyai minat belajar matematika yang tinggi mereka akan belajar dengan sebaik mungkin di sekolah maupun di rumah, sebaliknya jika siswa kurang mempunyai minat belajar yang tinggi dalam pembelajaran matematika mereka tidak semangat dalam belajar matematika, ini berimplikasi terhadap rendahnya hasil belajar matematika. Penulis mendeskripsikan minat belajar matematika pada siswa kelas XII TKJ di SMK Pembina Bangsa Bukittinggi. Subjeknya terdiri dari siswa kelas XII TKJ di SMK Pembina Bangsa Bukittinggi yang berjumlah 19 orang dan guru matematika kelas XII TKJ di SMK Pembina Bangsa Bukittinggi. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode wawacara dan angket. Data angket minat belajar matematika pada siswa kelas XII TKJ di SMK Pembina Bangsa Bukittinggi secara keseluruhan memperoleh persentase sebesar 90% yang diklasifikasikan sangat tinggi. Siswa senang dalam belajar matematika, terlibat aktif ketika kegiatan pembelajaran berlangsung, merasa tertarik mempelajari matematika dan memfokuskan diri ketika pembelajaran matematika berlangsung.Pada indikator pertama yaitu rasa senang siswa dalam belajar matematika memperoleh persentase sebesar 89% yang diklasifikasikan sangat tinggi, pada indikator kedua yaitu perhatian siswa ketika mengikuti pembelajaran matematika memperoleh persentase sebesar 90% yang diklasifikasikan sangat tinggi, pada indikator ketiga yaitu ketertarikan siswa ketika pembelajaran matematika memperoleh persentase sebesar 92% yang diklasifikasikan sangat tinggi, dan pada indikator keempat yaitu keterlibatan siswa ketika pembelajaran matematika memperoleh persentase sebesar 90% yang diklasifikasikan sangat tinggi.
Alawiyah, T. (2022). Penerapan Alat Peraga Tangan Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Materi Trigonometri di SMAN 5 Lhokseumawe. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.2 No.2 Juli 2022
Arifin, Z. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Astuti, S P. 2015. Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif, 5 (1), 68-75.
Azis, A., & Syofnida I. 2015. Upaya Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Mukti Karya Kecamatan Panca Jaya Kabupaten Mesuji. Terampil: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2 (1), 1-14.
Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Friantini, N.,R., & Winata, R. 2019. Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia , 4(1), 6 – 11.
Hanafiah, N. Z., Rizka, M. A., & Herlina, H. 2018. Efektifitas Penyelenggaraan Program Pendidikan Kewirausahaan Melalui Pelatihan Pembuatan Keripik Jagung Manis
Hartuti, P. M. 2015. Peran Konsep Diri, Minat dan Kebiasaan Belajar Peserta Didik terhadap Prestasi Belajar Fisika Purni. Jurnal Formatif, 5(2), 91–99.
Hoy, W. K., & Woolfolk, A. E. 2010. Teachers' sense of efficacy and the organizational health of schools. The Elementary School Journal, 93(4), 355–372.
Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2485–2490.
Khasanah, U., & Nugraheni, E. 2022. Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Vll Pada Materi Segiempat Berbantuan Aplikasi Geogebra di SMP Negeri 239 Jakarta. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 181-190.
Lestari, K., E., & Mokhammad, R., Y. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Lisya, I.P.R.,, fonna,M. dan Listiana, Y. (2022). Analisis Soal – Soal Tipe HOTS Tingkat SMP untuk Mendukung Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.2 No.2 Juli 2022
Muliani, D. R., & Arusman. 2022. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 2 (2), 133-139.
Nisa, K., Susongko, P., & Utami, B,W. 2017. Penyusunan Skala Minat Belajar Matematika dengan Penerapan Model Rasch. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, 1(1), 58-64.
Nisa, S., Anwar, N., dan Al Husaini, M. D. (2022). Penerapan Pendekatan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perbandingan. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.2 No.2 Juli 2022
Pahriadi, Puspitasari F & M. Mahfud. 2020. Analysis Of The Role Of The School Committee In SDN Inpres 3 Tondo. EJ: Education Journal, 1 (1), 34-42.
Pangestu, D., A., Samparadja, H., & Tiya, K. 2015. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Uluiwoi Kabupaten Kolaka Timur. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2), 17-26.
Prastitasari, H., Isnaini, N, M., Jumadi., Sari, D, D., & Wardhani, I, S, K. 2022. Minat Belajar Matematika Siswa di Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Perspektif Gender. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (3), 849-861.
Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. 2019. Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Sd Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 68–74.
Rafliani, D., & Aniswita, A. 2022. Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK N 1 Matur Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2454–2462.
Reski, N. 2021. Tingkat Minat Belajar Siswa Kelas IX Smpn 11 Kota Sungai Penuh.
Rusmaini. 2013. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Felicha
Setiawan, W. 2015. Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Model Penemuan Terbimbing. P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 91-97.
Siagian, F, E, R, . 2015. Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2 (2), 122–31.
Siagian, R. E. F. 2015. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2). 14 -11.Siswa Kelas X. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 15(2), 108–114.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sukada, K, I., Sadia,W., & Yudana,M. 2013. Kontribusi Minat Belajar, Motivasi Berprestasi dan Kecerdasan Logis Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Kintamani. E-Journal Program Pasca sarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1-11.
Sukada, K, I., Sadia,W., & Yudana,M. 2013. Kontribusi Minat Belajar, Motivasi Berprestasi dan Kecerdasan Logis Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Kintamani. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1-11.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2010. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Kedua. Jakarta: Balai Pustaka.
Widoyoko, E, P. 2015. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yakin, M. A. 2021. Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Siswa Kelas X. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 15 (2), 108–114.
Yusrina, D., Millati, I., & Prihaswati, M. 2020. Analisis Minat Belajar Siswa Pada Materi SPtLDV Berbantuan Aplikasi Geogebra. Seminar Nasional Edusaintek, 7–15.