Pengembangan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Aceh
Main Article Content
Penelitian ini bertujuan mengembangkan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika Aceh yang valid, praktis dan efektif. Pengembangan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluation). Instrumen penelitian menggunakan angket validasi, lembar observasi, angket respon siswa dan angket respon guru untuk aspek kepraktisan, dan tes kemampuan pemecahan masalah siswa untuk mengukur keefektifan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan LKS dari aspek materi mendapatkan rata-rata skor 4,46 dari skor maksimal 5 yang berarti valid. Kualitas kepraktisan RPP dan LKS berdasarkan angket respon guru mendapat rata-rata skor 3,4 dari skor maksimal 4 yang berarti perangkat yang dikembangkan memiliki kualitas praktis. Berdasarkan angket respon siswa diperoleh rata-rata skor 3,05 dari skor maksimal 4 yang berarti LKS memiliki kualitas praktis. Berdasarkan lembar observasi didapatkan rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 80,55% dengan kriteria sangat baik. Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari tes hasil belajar siswa kelas XI SMPs Dayah Darul Yaqin menunjukkan presentase ketuntasan yaitu 84,21% yang berarti efektif. Pengembangan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika memperkaya konteks pada pembelajaran matematika. Lebih lanjut hasil pengembangan dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran matematika.
Ardiyani, S. M. (2018). Realistic Mathematics Education in Cooperative. Journal on Mathematics Education, 9(2), 301–310. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1194281.pdf
Do, T.-T., Hoang, K. C., Do, T., Trinh, T. P. T., Nguyen, D. N., Tran, T., Le, T. T. B. T., Nguyen, T. C., & Nguyen, T.-T. (2021). FACTORS INFLUENCING TEACHERS’ INTENTIONS TO USE REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION IN VIETNAM: AN EXTENSION OF THE THEORY OF PLANNED BEHAVIOR. Journal on Mathematics Education, 12(2), 331–348. https://doi.org/10.22342/jme.12.2.14094.331-348
Faiziyah, N., Sutama, S., Sholihah, I., Wulandari, S., & Yudha, D. A. (2020). Enhancing Creativity through Ethnomathematics. Universal Journal of Educational Research, 8(8), 3704–3710. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080850
Fredriksen, H. (2021). Exploring Realistic Mathematics Education in a Flipped Classroom Context at the Tertiary Level. International Journal of Science and Mathematics Education, 19(2), 377–396. https://doi.org/10.1007/s10763-020-10053-1
Hirza, B., Kusumah, Y. S., Darhim, D., & Zulkardi, Z. (2014). IMPROVING INTUITION SKILLS WITH REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION. Journal on Mathematics Education, 5(1), 27–34. https://doi.org/10.22342/jme.5.1.1446.27-34
Murtiyasa, B., & Al Karomah, I. I. (2020). The impact of learning strategy of problem solving and discovery towards learning outcomes reviewed from students learning motivation. Universal Journal of Educational Research, 8(9), 4105–4112. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080936
Muslimin, M., Putri, R. I. I., Zulkardi, Z., & Aisyah, N. (2020). LEARNING INTEGERS WITH REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION APPROACH BASED ON ISLAMIC VALUES. Journal on Mathematics Education, 11(3), 363–384. https://doi.org/10.22342/jme.11.3.11721.363-384
Putra, D. D., Okilanda, A., Arisman, A., Lanos, M. E. C., Putri, S. A. R., Fajar, M., Lestari, H., & Wanto, S. (2020). KUPAS TUNTAS PENELITIAN PENGEMBANGAN MODEL BORG & GALL. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(1), 46. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.5340
Shahbari, J. A., & Daher, W. (2020). Learning Congruent Triangles through Ethnomathematics: The Case of Students with Difficulties in Mathematics. Applied Sciences, 10(14), 4950. https://doi.org/10.3390/app10144950
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.