Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Hots Terintegrasi Nilai-Nilai Islami
Main Article Content
Kemampuan pemecahan masalah (KPM) harus dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran matematika. KPM mengutamakan proses berpikir pada siswa. Indikator KPM yang digunakan adalah indikator KPM berdasarkan strategi Polya. Tujuan penelitian untuk menganalisis KPM siswa melalui soal HOTS matematika terintegrasi nilai-nilai Islami pada siswa SMP Negeri 8 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil yang didapatkan menunjukan bahwa dari hasil tes yang dilakukan siswa rata-rata skor persoal kurang dari 50%. Sedangkan untuk rata-rata kategori penilaian hasil tes siswa adalah 40% (baik), 20% (Cukup Baik), dan 40% (kurang baik). Hal ini menunjukan masih rendahnya KPM matematika pada siswa kelas VII.1 di SMP Negeri 8 Bukittinggi sehingga perlunya ditingkatkan kembali KPM pada siswa di SMP Negeri 8 Bukittinggi.
Aisyah, N., Mania, S., Amin, M., Nur, F., & Angriani, A. D. (2021). Analisis Soal Matematika Berbasis Hots Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Al asma: Journal of Islamic Education, 3 (2), 223-231.
Aniza Juanty, Muhammad Imamuddin, Eny Murtiyastuti, Roland Marudut Halomaun Simatupang. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivsi Belajar di SMPN 9 Batam. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.3 No.2 Januari 2023
Ariawan, R., Rugayah, Effendi, L. A., & Sarah, Y. D. (2023). Integrasi Nilai Keislaman dalam Soal Hots Matematis . Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 1(3), 118–125.
Arikunto, S. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Dewi, A. A. A., Maharani, H. R., & Ubaidah, N. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Geometri Tipe HOTS Ditinjau dari Self Confidence. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira.
Dosinaeng, W. B. N., Leton, S. I., & Lakapu, M. (2019). Kemampuan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Berorientasi HOTS. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3 (2), 250.
Fikriani, T., & Nurva, M. S. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa SMP Kelas IX dalam menyelesaikan soal matematika tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS). AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11 (2), 252-266.
Fitra, R., Hadijin, & Ansari, I, B. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMK melalui Model Problem-Based Instruction (PBI). Jurnal Didaktik Matematika, 3(2), 35-41.
Harahap, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Rutin dan Non Rutin Pada Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Sekolah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3470-3478.
Hidayah, S. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV berdasarkan langkah penyelesaian polya. Jurnal Pendidikan, 1 (2), 182-190.
Imamuddin, M. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan gaya belajar. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3 (1), 11-20.
Imamuddin, M., & Isnaniah, I. Peranan Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Matematika. Kaunia: Integration and Interconnection Islam and Science Journal, 19(1), 15-21.
Imamuddin, M., Musril, H. A., & Isnaniah, I. (2022). Pengembangan soal literasi matematika terintegrasi Islam untuk siswa madrasah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1355-1371.
Irmawati, R., Rahayu, A., & Ratnasari, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). JEID: Journal of Educational Integration and Development, 1 (4), 247-257.
Komarudin, K. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi peluang berdasarkan high order thinking dan pemberian scaffolding. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 8 (1), 202-217.
Lestari, A. D., Hartoyo, A., & Suratman, D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Statistika Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 6 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kahatulistiwa, 9 (9), 1–8.
Mahmudah, W. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika bertipe Hots berdasar Teori Newman. Jurnal UJMC, 4 (1), 49–56.
Miftahur Rahmi, Mutia Fonna, Erna Isfayani, Fajriana, Yeni Listiana. (2023). Pengembangan Buku Saku pada Materi Persamaan Garis Lurus Berbasis Mind Mapping sebagai Media Pembelajaran. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.3 No.2 Januari 2023
Nadhifa, N., Maimunah, M., & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3 (1), 63–76.
Ningsih, E.A.S., Ariani, N.M. and Syofiana, M.. (2020). Pengembangan Soal Untuk Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI SMA. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2 (2), 136-145.
Nurhayati, Jamilah, Astuti, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan soal HOTS. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 4 (2), 407-416.
Nuriadin, I., Umam, K., Kurniasih N., & Slamet. (2022). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Garis dan Sudut Ditinjau Berdasarkan Gender. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11 (4), 2964-2976.
Oktarisa, F., Isnaniah, I., & Purnama, N. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi SPLTV Berdasarkan Tahapan Polya. KOLONI, 1 (4), 340-349.
Padang, S. C., Isnaniah, I., & Maha, K. (2022). Hubungan kemampuan pemecahan masalah dengan efikasi siswa man dairi. KOLONI, 1 (4), 350-355.
Pradani, S. L., & Nafi’an, M. I. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Matematika Kreatif - Inovatif, 10 (2), 112–118.
Puspa, D, R., As’ari, R, A., & Sukoriyanto. (2019). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Higher Order Thinking Skills (Hots) Ditinjau Dari Tahapan Pemecahan Masalah Polya. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(2), 86-94.
Puspa, R. D., As’ari, A. R., & Sukriyanto. (2019). Order Thinking Skills ( Hots ) Ditinjau Dari Tahapan Pemecahan. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika (JKPM), 3 (2), 86–94.
Rezeki, F., Lisa, L., & Anwar, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal HOTS Matematika Pokok Bahasan Peluang Siswa MAN Lhokseumawe. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1), 48-56.
Rismawati, M., Rahmawati, P., & Rindiani, A. B. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (2), 2134-2143.
Rohmatulloh & Hepsi Nindiasasi. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui model Pembelajaran Flipped Classroom. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (1), 436-442.
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4 (2), 257.
Sepriyanti, N., Nelawati, S., Kustati, M., & Afriadi, J. (2022). The Effect Of 21 St-Century Learning On Higher-Order Thinking Skills (Hots) And Numerical Literacy Of Science Students In Indonesia Based On Gender. Indonesia Journal of Science Education, 11 (2), 314-321.
Suci Dela Roza, Muhammad Imamuddin, Liza Hamas. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas X Fase E.1 pada Materi SPLDV. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.3 No.2 Januari 2023
Suriarti, M., & Isnaniah, I. (2023). Minat Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa melalui Model CPS di Kelas IX. Journal on Education, 5 (3), 7176-7188.
Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (1), 119–130.
Wahyuda, R., Sari, H. P., & Fitria, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Kakap. Jurnal Wawasan dan Aksara, 1 (1), 1–10.
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan.Jakarta: Kencana.