Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Smp Negeri 2 Meurah Mulia
Main Article Content
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri berbasis etnomatematika pada siswa SMP Negeri 2 Meurah Mulia. Penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Meurah Mulia dan pemilihan sampel dilakukan dengan random sampling kelas IX-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-2 sebagai kelas kontrol. Intrumen dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi dan wawancara. Pengujian hipotesis digunakan uji-t pihak kanan diperoleh = 4,2 dan = 1,6794 menunjukkan , sehingga tolak dan terima yang membuktikan bahwa ”Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang memperoleh pembelajaran inkuiri berbasis etnomatematika lebih baik daripada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa SMP Negeri 2 Meurah Mulia”.
Afgani Jarnawi D, Analisis Kurikulum Matematika, Universitas Terbuka: Jakarta, 2011.
Bishop, J.A. 1991. The Simbolic Technology Calet Mathematics its Role in Education. Bullatin De La Societe Mathematique, De Belgique, T, XLIII
Djumransjah M. Filsafat Pendidikan, Bayumedia Publishing: Malang, 2004.
Dwidayati Nurkaromah, Pengintegrasian Etnomatematika Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah, “Jurnal Prisma I” Jurusan Matematika FMIPA UNNESA: Semarang, 2018.
Hamzah, Pembelajaran Matematika I, Bumi Aksara: Jakarta, 2000.
Istarani, 58 Model Pembelajaran Inovatif, Media Persada: Medan, 2014.
Kesumawati Nila, Pemahaman Konsep Matematik Dalam Pembelajaran Matematika, “Jurnal
M. Abi Alfonsa, Integrasi Etnomatematika Dalam Kurikulum Matematika Sekolah, “Jurnal pendidikan matematika Indonesia” vol.1, No. 1, Prodi Pendidikan Matematika STKIP SOE: NTT, 2016.
M. Setiadi, Elly, dkk, Ilmu Sosial dan Budaya Dasar, Kencana: Jakarta, 2008.
Rahayu Nike, Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas Viib Smp Negeri 3 Sentolo, Maret, 2015.
Richardo Rino, Peran Ethnomatematika Dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013, Jurnal Literasi Vol. VII, No. 2, Desember 2016.
S Nasution, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar, Bumi Aksara: Jakarta, 2005.
Sanjaya Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Kencana: Jakarta, 2009.
Safwani, dkk. (2020). Pengaruh pendekatan pembelajaran inquiry terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Ar-Riyadhiyat: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.1, No.1, juli 2020.
Sudjono Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan Raja Grafindo Persada: Jakarta, 2006.
Sugiono, Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Alfabeta: Bandung, 2007.
Suherman Erman, dkk, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, JICA: Bandung, 2006.