Penerapan Etnomatematika Kerajinan Aceh Pada Materi Geometri Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Di Smp Negeri 1 Syamtalira Bayu
Main Article Content
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Etnomatematika Kerajinan Aceh Pada Materi Geometri Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa di SMP Negeri 1 Syamtalira Bayu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 dan VII-6 SMP Negeri 1 Syamtalira Bayu. Pengambilan sampel dilakukan secara simple rendom sampling, sehingga terpilih kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-6 sebagai kelas kontrol. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian True Eksperiment Design, desain penelitian yang digunakan yaitu desain Posttest Only Control Design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu menggunakan uji-t. Berdasarkan uji kesamaan satu pihak, pihak kanan dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = 40 diperoleh thitung = 2,238 dan ttabel = 1,684. Maka berdasarkan kriteria pengujian hipotesis tolak H0 , yaitu thitung > ttabel dan diperoleh hasil 2,238 > 1,684; dengan demikian ada peningkatan sehingga H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Pemahaman konsep siswa SMP Negeri 1 Syamtalira Bayu pada materi geometri dengan penerapan etnomatematika kerajinan Aceh lebih baik daripada pemahaman konsep siswa dengan pembelajaran konvensional.
Akmal Dan Ubaidillah. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning: Alternatif Guru Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN 4 Aceh Utara. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.1, No.2, Januari 2021.
Arifah, U., & Saefudin, A., A. (2017). “Menumbuhkambangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Guided Discovery.” UNION: Jurnal Pendidikan Matematik.
Fatqurhohman.(2016). Pemahaman Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 4, No. 2,
Hamidah, Aritsya (2018). Penerapan bahan ajar matematika berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. (skripsi, Universitas Muhammadiyah; Sukabumi)
Indriana, Dina. (2011) Mengenal Ragam Gaya Pembelajaran Efektif. (Yogyakarta : Diva Press,)
Iswaji, Djoko. (2001). Geometri Ruang. Universitas Negeri Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA.
Qoyimah. (2018). Analisis etnomatematika gasing berembang kota piring tanjungpinang kepulauan riau dan keterkaitan terhadap topik dalam pembelajaran matematika. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, universitas maritim raja ali haji, tanjungpinang.
Rohimah, Iim. (2016). Pengaruh pemahaman konsep geometri terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal bidang datar, Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon Jalan perjuangan Bypass Sunyaragi.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Yohana PSR, M.Makhsuli, AJ Purwanto, YW Paskalis, Erfan Yudianto. (2006). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbantuan Komputer. Makalah. Disampaikan dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional: UMM