Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Fungsi Kuadrat Di Kelas X MAN 6 Aceh Utara
Main Article Content
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah fungsi kuadrat. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data terdiri dari 15 siswa kelas X MAN 6 Aceh Utara. Alat pengumpulan data berupa tes soal dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah fungsi kuadrat di kelas X MAN 6 Aceh Utara disebabkan oleh: Ketidakmampuan siswa dalam memahami serta menerapkan materi fungsi kuadrat kedalam permasalahan yang diberikan, kesulitan siswa dalam perhitungan/pengoperasial permasalahan fungsi kuadrat serta ketidakmampuan siswa mengingat kembali rumus yang telah ia pelajari sebelumnya.
Chintya Utami,. 2013. Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Memahami Konsep Materi Fungsi Kuadrat Serta Alternatif Pemecahannya Di Kelas X 1 SMA
Negeri Karangnunggal Tahun Ajaran 2012-2913. Diakses pada 16 Oktober 2017, dari https://www.academia.edu/9342502.
Dimyanti dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Raneka Cipta.
Erny Untari. 2013. Diagnosis Kesulitan Belajar Pokok Bahasan Pada Siswa
Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi13 (1), 1-8, 2013. Diakses: 01 Maret 2021. Online: http://jurnal.unsil.ac.id/indek.php/sncp/article/download/1089/747 s
Hafsah. 2013. Pembelajaran Fiqih. Bandung: Citapustaka Media.
Kemendikbud. 2014. Konsep dan Implelemtasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lia Herliana Umairoh. 2018. Laporan Akhir Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi:Ekfetifitas Model Perawatan Berkelanjutan Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Siswa Penyandang JuvenileDiabetes.. Poltekkes Kemenkes Bandung.
Muhibbin. 2007. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Oemar Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Rusman. 2021. Model-model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Simanjuntak Lisnawati. 1992. Metode Mengajar Matematika. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. 2012. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung Binar Baru Algesindo.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhartini. 2009, Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar , Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Swaditya Rizki. 2015. Efektifitas Bahan Ajar dan Media Berbasis ICT pada Materi Persamaan dan Fungsi Kuadrat. Diakses pada 14 Maret 2021.
Yuni Darjiani, Ni Nym, Dkk. Anlisis Kesulitan-kesulitan Belajar Matematika
Siswa Kelas V dalam Implementasi Kurikuum 2013 Di SD Piloting SeKabupaten Di Anyar Tahun Pelajaran 2014/2015, e-journal PGSD, Volume-3-nomor-1-tahun-2015. Bali:Universitas Pendidikan Ganesha.