Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri pada Siswa Kelas VII MTsS Jabal Nur
Main Article Content
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri pada kelas VII di MTsS Jabal Nur. Jenis Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah peneltian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Adapun populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII MTsS Jabal Nur yang terdiri dari 6 kelas dan pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling maka didapat kelas VII-5 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa dan kelas VII-6 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Siswa kelas eksperimen diajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri dan kelas kontrol menggunakan model saintifik. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal pretest-posttest dan dianalisis menggunakan uji-t serta memperoleh hasil 0,001, karena penelitian ini menggunakan uji pihak kanan maka skor tersebut dibagi dua dengan hasil bagi adalah 0,0005. Sesuai kriteria pengujiannya, yaitu jika nilai pada kolom sig. < 0,05 maka ditolak dan diterima. Kesimpulan penelitian yaitu adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran saintifik
Alifah, Y. 2018. “Pengaruh Model Pembeljaran Inkuiri Tipe Pictorial Riddle terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa”. Skripsi
Anjarwati, T. 2016. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII B SMP Muhammmadiyah 1 Minggir Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Skripsi.
Evlin, F.2017. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Hama dan Penyakit Pada Tumbuhan”. Skripsi.
Indriyanti, D. 2018. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritisdan Self Confidence Siswa. Bandar Lampung.
Jumanti, L.P. (2017). “ Pengaruh Penerapan Metode Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Pembelajaran PAI di SMP Negeri 26 Makassar. Makassar.
La Hewi dan Saleh, M. 2020. “Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment: Upaya perbaikan Bertumpu Pada Pendididkan Anak Usia Dini.” Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwati. 4(1): 30-41
Putri, D.N. (2017). “Upaya Meningkatkan Matapelajaran Matematika dikelas VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh). Skripsi.
Sugiyono. 2017. Metode PenelitianKuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung:
Sutama, Dkk. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kinerja Ilmiah pada Pembelajaran Biologi Kelas XI IPA SMA Negerri 2 Amlapura”. Jurnal. (Internet) Program Pasca Sarja Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. 46: 1-6