Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Abad 21
Main Article Content
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan model Problem-Based Learning (PBL) terhadap keterampilan abad 21 yang terdiri dari berpikir kritis, komunikasi, berpikir kreatif dan kolaborasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode systematic literature review yang terdiri dari beberapa tahap. Tahap pertama adalah perencanaan, di mana topik yang akan dibahas ditentukan serta kriteria artikel yang akan digunakan ditetapkan. Tahap kedua adalah pelaksanaan, yang melibatkan proses pencarian, pemilihan artikel, dan sintesis data. Tahap ketiga adalah pelaporan. Berdasarkan kajian terhadap 25 artikel nasional, 7 artikel membahas tentang 4C (Critical Thinking, Communication, Creative Thinking, Collaboration), 3 artikel membahas tentang keterampilan berpikir kritis, 3 artikel membahas tentang keterampilan kolaborasi dan 2 artikel membahas tentang keterampilan berpikir kreatif sehingga ditemukan bahwa penerapan model PBL adalah solusi yang bisa digunakan untuk meningkatkan keterampilan abad 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis, komunikasi, kreativitas, dan kolaborasi. Temuan ini mengindikasikan bahwa PBL adalah metode yang efektif dalam mengembangkan keterampilan esensial untuk menghadapi tantangan abad 21.
Afifah, E. P., Wahyudi, W., & Setiawan, Y. (2019). Efektivitas Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 95. https://doi.org/10.30651/must.v4i1.2822
Aryani, D., Mayadi, S., & Endriana, N. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika. JSN : Jurnal Sains Natural, 1(3), 70–75. https://doi.org/10.35746/jsn.v1i3.388
Asiah, S., Habibah, R., Asrizal, A., & Fauzi, A. (2023). Meta-Analisis Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Abad 21 Siswa. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(9), 1–10.
Bridges, A. (2006). A Critical Review of Problem Based Learning in Architectural Education. Proceedings of the International Conference on Education and Research in Computer Aided Architectural Design in Europe, 19(5), 182–189. https://doi.org/10.52842/conf.ecaade.2006.182
Budiarti, I., & Airlanda, G. S. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Riser Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 167–183.
Elitasari, H. T. (2022). Kontribusi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(6), 9508–9516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4120
Elizabeth, A., & Sigahitong, M. M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 66. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.1044
Firda, S. U., & Sunarti, T. (2022). The Learning Implementation of Project Based Learning (PjBL) to Analyze Students’ 4C Skills Ability. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 10(3), 567. https://doi.org/10.33394/j-ps.v10i3.5380
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924
Harapit, S. (2018). Peranan Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 912–917. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.41
Haryati, L. F., & Wangid, M. N. (2023). Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Educhild : Pendidikan Dan Sosial, 12(1), 23–28. https://educhild.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/7838
Ilmiyatni, F., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik, 7(2), 103–111.
Indarini, E. (2024). Dampak Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Abad 21 ( 4 C ) di Sekolah Dasar. 1(4 C), 73–87.
Junisawati, Estuhono, M. S. (2021). Pengembangan Modul IPA SDBerbasis Model ResearchBased Learning (RBL)untuk Keterampilan 4 C’s SiswaKelas IVpada Tema Pahlawanku. 1, 113–115.
Kartini, D., Nurohmah, A. N., Wulandari, D., & Prihantini, P. (2022). Relevansi strategi pembelajaran problem based learning (PBL) dengan keterampilan abad 21. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9092–9099.
Kurniawan, B., Dwikoranto, D., & Marsini, M. (2023). Implementasi problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa: Studi pustaka. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 2(1), 27–36. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v2i1.28
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019 “Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal Pada Era Revolusi Industri 4.0”. 8 Agustus 2019 PROBLEM.
Muliana, Azura, C., & Rohantizani. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 8848(2), 503–513.
Musnaini, Khairiani, dan Akmal, N. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Negeri 2 Meurah Mulia. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.2 No.2 Juli 2022
Nisa, R., Desstya, A., & Prasetyo, E. H. (2020). Peningkatkan Keterampilan Kolaborasi Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7351
Nisa, S., Anwar, N., dan Al Husaini, M. D. (2022). Penerapan Pendekatan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perbandingan. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.2 No.2 Juli 2022
Nurbaya, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penyelesaian Masalah melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Kelas VI SDN 19 Cakranegara. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 106–113. https://jurnal.educ3.org/index.php/pendagogia/article/view/29
Partono, P., Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41–52. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.35810
Putri Rahmadhani, & Ardi, A. (2024). Studi literatur: Pengaruh Model Pembelajaan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik . Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1 SE-Articles of Research), 5153–5162. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/13097
Rauf, I., Arifin, I. N., & Arif, R. M. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Pedagogika, 1, 163–183. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v13i2.1354
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1). https://doi.org/10.15294/jipk.v13i1.17824
Sari, E., & Hafandi, L. (2022). Pengaruh problem based learning terhadap keterampilan kolaborasi siswa. Jurnal Bioedutech: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 1(1), 68–77. http://jurnal.anfa.co.id
Scott, C. L. (2023). The Futures of Learning 3: What Kind of Pedagogies for the 21st Century? International Journal for Business Education, 164(1), 1–21. https://doi.org/10.30707/ijbe164.1.1690386168.68154
Setiawan, A. (2021). Problem Based Learning (PBL) Model For The 21st Century Generation. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 4(6), 290–296. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Torlakson. (2022). Dampak Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dalam Pembelajaran Tematik. Journal of Education Action Research, 6(3), 341–347. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/49828
Virmayanti, K. N., Suastra, W. I., & Suma, Ketut, I. (2023). Inovasi dan Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 515–527.