Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Gender
Main Article Content
Berpikir kritis merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap individu baik siswa maupun mahasiswa. Kemampuan berpikir kritis memegang peranan penting bagi siswa dan mahasiswa. Salah satu kemampuan berpikir kritis yang harus bisa dikuasai oleh siswa dan mahasiswa adalah kemampuan berpikir kritis matematis. Terkait kemampuan berpikir kritis matematis, sudah banyak peneliti terdahulu yang melakukan penelitian ini bahkan pada saat ini penelitian mengenai kemampuan berpikir Kritis dikaitkan dengan gender. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis dan membedakan Kemampuan berpikir kritis berdasarkan gender. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur dengan merujuk kepada lima puluh dua artikel. Dokumen-dokumen artikel yang digunakan sebagai bahan penelitian diambil dari internet. Hasil dari analisis terhadap dokumen artikel adalah sebagai berikut: (a). Tempat penelitian terkait berpikir kritis dan gender sering dilakukan di SMP. (b). Jenis penelitian yang sering digunakan dalam penelitian kemampuan berpikir kritis adalah penelitian kualitatif. (c). Indikator penilaian kemampuan berpikir kritis yang sering digunakan adalah indikator penelitian terkait berpikir kritis matematis yang didasarkan pada langkah-langkah penyelesaian masalah. (d). Model pembelajaran yang sering digunakan dalam penelitian kemampuan berpikir kritis berdasarkan gender adalah model pembelajaran Jucama. (e). kemampuan berpikir kritis matematis perempuan lebih baik daripada laki-laki.
Amalia,R.F., Sanusi dan Maharani,S. 2018. Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika Dengan Informasi Yang Kontradiksi Berdasarkan Gender. Program Studi Pendidikan Matematika : Jurnal Universitas PGRI Madiun 27-32, 2018.
Ambarawati,M., Mardiyana, dan Subanti,S. 2014. Profil Proses Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Surakarta Dalam Memecahkan Masalah Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk Dan Gender. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 2 (9), 984-994, 2014.
Andriyani,V., dan Widadah,S. 2018. Profil Berpikir Kritis Siswa SMA Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Pendidikan Matematika 5 (1), 1-7, 2018.
Anita,W.I. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar Ditinjau Dari Jenis Kelamin Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi 2 (2), 246-251, 2015.
Ardani,H.S, dan Ismail. 2017. Profil Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Dan Jenis Kelamin. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, FMIPA, UNESA 184 -192.
Astuti,W.A.M. 2019. Profil Berrpikir Kritis Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika Kontekstual Ditinjau Dari Gaya Kognitif Visualizer-Verbalizer Dan Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 8 (2), 153- 162, 2019.
Athifah,U., dan Khusna,H. 2022. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Berdasarkan Self-Confidence dan Gender. PRISMA, 11(1), 265-278, 2022.
Benyamin, Qohar,A, dan Sulandra,M.I. 2021. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X IPA Dalam Memecahkan Soal Cerita Ditinjau Dari Gender Dan Kemampuan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika 11 (01),28-41,2021.
Damayanti,S. 2018. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Himpunan Dengan Model Jucama Ditinjaudari Gender. Simki-Techsain 02 (07), 2-8, 2018.
Eccles, J. S. & Wigfield ,A. 1993.Motivational Beliefs,Values, And Goals. Annu. Rev. Psychol. 53:109–32.
Fadilah,F., dan Winarso,W. 2021. Profil Critical Thinking Skill Siswa pada Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Suska Journal of Mathematics Education 7 (2), 129-140, 2021.
Fajari,N.F.A, Kusmayadi.A.T, dan Iswahyudi.G. 2012. Profil Poses Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent-Independent Dan Gender. FKIP UNS Journal System,PPs Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Firdaus,M.A.,2014. Profil Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gender. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika) 6 (1), 15-22, 2014.
Harianada,A.D., Zainuddin, S. Aini Nur. 2022. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jumlahku 8 (1), 15-29, 2022.
Haryani,D., 2019. Profil Berpikir Kritis Siswa SMA Dengan Gaya Kognitif Field Dependen Dan Berjenis Kelamin Perempuan Dalam Memecahkan Masalah Matematika. SENPIKA II (Seminar Nasional Pendidikan Matematika) Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, 12 Oktober 2019. 30- 40.
Hayudiyani,M., Arif,M., dan Risnasari,M. 2017. Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X TKJ Ditinjau Dari Kemampuan Awal Dan Jenis Kelamin Siswa Di SMKN 1 Kamal. Jurnal Ilmiah Edutic 4 (1), 20-27, 2017.
Hidayani,N. 2017. Analisis Berpikir Kritis Siswa Yang Mempunyai Kecerdasan Logis Matematis Tinggi Berdasarkan Gender. Jurnal Universitas Muhammadiyah Jember.
Hidayanti,R., Alimuddin, dan Syahri,A.A. 2020. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender Pada Siswa Kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Labakkang. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika) 12 (1), 71- 80, 2020.
Hidayatullah,S.R., Ulya,H., dan Pratiwi,A.I. 2022. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin Pada Materi Volume Bangun Ruang Kubus Dan Balok. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (2614-8854) 5 (3), 785-792, 2022.
Hikmah,A, dan Ardani,A. 2021. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Di Masa Pandemi Ditinjau Dari Gender Kelas V SD Negeri Kaligiri 02 Sirampog. Dialektika P. Matematika 8 (2), 592- 606, 2021.
Imamuddin, M. (2018). Kemampuan Spasial Mahasiswa Laki-Laki dan Perempuan Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. HUMANISMA: Journal of Gender Studies, 1(2), 38-47.
Imamuddin, M. I. M., Isnanish, I., Aulia, A. A. A., Zulmuqim, Z., & Nurdin, S. 2020. Analisis Faktor Internal Dan Eksternal Kesulitan Beljar Siswa Madrasah Dalam Belajar Mata Pelajaran Matematika. Alkhawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembeljaran Matematika, 4(1), 16-31.
Imamuddin, M., & Isnaniah, I. (2018). Profil Kemampuan Spasial Mahasiswa Camper dalam Merekonstruksi Irisan Prisma Ditinjau dari Perbedaan Gender. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 31-39.
Imamuddin, M., Isnaniah, I., Rusdi, R., & Pedinal, P. (2019). GENDER BASED PERCEPTION ON UNDERSTANDING MATHEMATICS CONCEPT BY USING PBL. HUMANISMA: Journal of Gender Studies, 3(1), 58-74.. GENDER BASED PERCEPTION ON UNDERSTANDING MATHEMATICS CONCEPT BY USING PBL. HUMANISMA: Journal of Gender Studies, 3(1), 58-74.
Ismiati,D., Nugraha,A.D., dan Mansyur,Z.M., 2021. Pengaruh Gender dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Peserta Didik . Jurnal Didactical Mathematics, 3 (1), 82-92, 2021.
Isnaniah, I. (2018). Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Berdasarkan Gender. HUMANISMA: Journal of Gender Studies, 1(2), 13-23.
Isnaniah, I., Imamuddin, M., Charles, C., Syahrul, S., & Zulmuqim, Z. (2021). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Gender. Lattice Journal: Journal of Mathematics Education and Applied, 1(2), 131-137.
Kaliky,S., dan Juhaevah,F., 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelas X SMA Dalam Menyelesaikan Masalah Identitas Trigonometri Ditinjau Dari Gender. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran 6 ( 2), 111-126, 2018.
Leach, Brent T and Good, Donald, W. 2011. Critical Thinking Skills as Related to University Students’ Gender and Academic Discipline, International Journal of Humanities and Social Science, Vol. 1 No. 21 Special Issue-December 2011.
Martyanti, A., dan Suhartini. 2019 . Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Low Vision Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Ditinjau Aspek Gender. Prosiding Seminar Nasional MIPA Universitas Tidar, 53-58, 2019.
Masruroh, S., Listiwikono,E., dan Yohanes,B. 2019. Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Operasi Bentuk Akar Berdasarkan Gender. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika 3 (1), 53- 63, 2019.
Muligar, R.2016.Penerapan Model Pembelajaran Accelerated Learning Cycle untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Representasi Matematis serta Mengurangi Kecemasan Matematis Ditinjau dari Perbedaan Gender Siswa SMP. Jurnal Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana UNPAS Bandung.
Murtiyasa, B., et al. 2019. Students’ thinking in solving geometric problems based on PISA l evels. Journal of physics: Conference series , 1320, 1-6, 2019.
Mustika, H., Astuti,P., Ningsih,Y.S., Medika.H.G., Arjelia.T.A., Fitri.R. 2022. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Perbedaan Gender. Ensiklopedia Of Journal 4 (2 ), 198-204, Edisi 2,2022.
Myers, D.G. 2006. Social Psychology. India : McGraw-Hill Education
Naafidza, A.Q.Z., dan Budiarto,T.M. 2014. Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Kemampuan Matematika Dan Jenis Kelamin. Mathedunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 3 (3), 282-287,2014.
Nurhakim, I., dan Veriansyah, I. 2021. Analisis Soal Hots Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Pendidikan Sosial 8 (2), 152-161, 2021.
Nurmiati, dan Jufri. 2021. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Poleang Tengah. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika 9 (3), 463-476, 2021.
Pebianto, A., Suhartina,R., Yohana,R., Mustaqimah.A.1., dan Hidayat.W. 2018. Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Ditinjau Dari Gender. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 1, (4), 631-636, 2018.
Permani, K.D., dan Prabawanto,S. 2021. Analysis Of Students’ Mathematical Critical Thinking Based On Gender In The Topic Of Linear Programming. The 2nd International Conference On Elementary Education 2 (1), 1882-1890, 2021.
Poerwadarminta . 1984,Kamus Umum Bahasa Indonesia Jakarta :Balai Pustaka.
Prayitno, H.S., Ladyawati,E., dan Fiantika.R.F. 2021.Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dengan Model Pembelajaran Jucama Ditinjau Dari Gender.Wahana: Tridarma Perguruan Tinggi 73 (2), 149-165, 2021.
Puspita, M.D., dan Rahaju,B.E. 2021. Proses Berpikir Kritis Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Trigonometri Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains 5 (2),58- 70, 2021.
Rasiman, 2011. Leveling Of Students Critical Thinking Abilities In Mathematics Problem Solving In Line With Gender Differences. International Seminar And The Fourth National Conference On Mathematics Education 2011, Department Of Mathematics Education, Yogyakarta State University Yogyakarta, July 21-23 2011. ISBN: 978 – 979 – 16353 – 7 – 0.
Rasiman, 2015. Leveling of Student’s Ctitical Ability in Solving Mathematics Problem Based on Gender Differences. International Journal of Education and Research. 3. (4). 307-388. ISSN: 2411-5681.
Said, M.A., dan Lukmana,A.D. 2020. Mathematical Critical Thinking Abilities Of Middle School Students In Tidore Based On Gender And Background. International Journal Of Trends In Mathematics Education Research 3 (2), 81-88, 2020.
Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Saryanto, T., Pramudya,I dan Subanti,S. 2021. Are Students' Critical Thinking Skills In Problem Solving Influenced By Gender?. International Conference Of Mathematics And Mathematics Education, Advances In Social Science, Education And Humanities Research, 597, 262-267, 2021.
Setyawati, U.D, Febrilia,A.R.B., dan Nissa,C.I. 2020. Profil Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Jurnal Didaktik Matematika 7 (1), 90-104, 2020.
Suherman, Setiawan,H.R., Herdian, dan Anggoro. 2021. 21st century STEM education: An increase in mathematical critical thinking skills and gender through technological integration. Journal of Advanced Sciences and Mathematics Education 1 (2) , 33- 40, 2021.
Trapsilasiwi, D., Pratiwi,I.A, dan Susanto. 2017. Profil Berpikir Kritis Siswa Kelas X-Ipa 3 Man 2 Jember Berdasarkan Gender Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Kadikma 8 (1), 20-30, 2017.
Tyas, R.S., 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari Gender (Kelas VIII A Di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta). Artikel : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta , Desember 2019.
Wiranata, P.S, Pramesti,G., dan Pambudi.D., 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 8 Surakarta Dalam Memecahkan Masalah Lingkaran Ditinjau Dari Gender Dan Kemampuan Awal. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM) Solusi III (1), 172-183,2019.