Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa
Main Article Content
Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan bagian dari kemampuan dalam pembelajaran matematika yang belum dikembangkan secara optimal pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dar Gaya Belajar Siswa kelas VIII Di MTsN Kota deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 24 siswa kelas VIII-3, 6 siswa diantaranya kemudian dipilih sebagai subjek wawancara, yaitu dua siswa untuk setiap jenis gaya belajar. Data kemampuan pemecahan masalah diperoleh dari skor hasil siswa dalam menjawab angket gaya belajar. Teknik analisis data meliputi tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 25 siswa, 10 siswa memiliki gaya belajar visual, 9 siswa memiliki gaya belajar auditori, dan 4 siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik, sementara 1 siswa memiliki ketiga gaya belajar. Dari hasil analisis lanjutan diketahui bahwa subjek dengan gaya belajar visual mampu mengetahui apa saja yang diketahui dan ditanyakan pada masalah dan mampu menjelaskan masalah, mampu membuat rencana penyelesaian dengan baik, mampu melaksanakan semua strategi selama proses dan perhitungan yang berlangsung, dan mampu melihat Kembali dengan mengecek semua informasi yang telah teridentifikasi. Subjek dengan gaya belajar auditorial mampu mengetahui apa saja yang diketahui dan ditanyakan pada masalah, membuat perencanaan dengan benar, subjek mampu melaksanakan semua strategi selama proses dan perhitungan yang berlangsung. Pada tahap melihat kembali, Subjek pada saat wawancara tidak mampu melaksanakan tahap melihat kembali atau mengecek informasi yang telah teridentifikasi. Subjek dengan gaya belajar kinestetik mampu mengetahui apa saja yang diketahui dan ditanyakan pada masalah dan mampu menjelaskannya. mampu merencanakan penyelesaian dengan baik, mampu melaksanakan semua strategi selama perhitungan berlangsung dan mendapatkan hasil akhir yang tepat, dan mampu melihat kembali dengan mengecek Kembali.
Bernard Martin, Dkk. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Kelas Ix Pada Materi Bangun Datar. Sjme (Supremum Journal Of Mathematics Education), Vol.2, No.2, July 2018
Boneva, D., Mihova, E. 2012. Learning Styles and Learning Preferences. Bulgaria: Dyslexia Association.
Budi E.S.R, Iwan J, Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII Berdasarkan Gaya Belajar Pada Pembelajaran PBL, (Unnes Journal Of Mathematics Education Research, Universitas Negeri Semarang, 2016).
Cliff C. Philipus, DKK. Hubungan Antara Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xii Di Sma Negeri 1 Bitung. (Jurnal Sains, Matematika, & Edukasi (JSME) FMIPA Unima), VOL 5 NO 1 (Jan-Feb 2017)
Damayanti lina. Hubungan Gaya Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas V Sdn Di Gugus Wibisono Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. (Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2016)
Fitri Argarini Dian. Analisis Pemecahan Masalah Berbasis Polya Pada Materi Perkalian Vektor Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, Volume 6, No. 1, Juni 2018
Isnaini Nur. Skripsi “Kemampuan Visual Spasial Siawa Dalam Menyelasaikan Soal Pisa Konten Shape And Space Berdasarkan Gaya Belajar” (Jember : Universitas Jember, 2020)
Jalinan kata. 2019. Teknik analisis data kualitatif. https://jalinankata.wordpress.com
Kurniawati Agnes Ika. Skripsi "Gaya Belajar siswa Kelas X dan XI IPA Serta Gaya Belajar Guru Dikelas Tersebut Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA Bakti Karya Kaloran Kabupaten Temanggung Jawa Tengah” (Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 2013)
Krisanto C.A.W, Dkk. Pengertian Pemecahan Masalah Matematika. Diakses Di “Http://Yukberhitung.Weebly.Com/Materi/Pengertian-Pemecahan-Masalah-Matematika”, Diakses Pada Tgl 30 Oktober 2020 Pukul 13.41
Pamela Margareta, Skripsi, “Gaya Belajar siswa Kelas X dan XI IPA Serta Gaya Belajar Guru Dikelas Tersebut Dalam Pembelajaran IPA di SDS Subsidi Pusat Damai Kalimantan Barat” (Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 2013)
Miftahul Ilmiyana, Skripsi, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Dimensi Myer Briggs Type Indicator ( Mbti )” (Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2018)
Nurlova Fika, Proposal . Analisis Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. (Bandar Lampung: Uin Raden Intan Lampung, 2019)
O’Brien. (1985). Learning style questionnaire. Deland: Stetson University. Diakses di http://www.stetson.edu/administration/academicsuccess/media/Learning%20Style%20Questionnaire.docx.
Ratna Wulan Ana. Pengertian Dan Esensi Konsep Evaluasi, Asesmen, Tes, Dan Pengukuran. (FPMIPA Universitass Pendidikan Indonesia).
Salsabila Fathiya, Skripsi. Kesulitan Dan Keyakinan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills Pada Materi Aljabar. (Banda Aceh: Universitas Syah Kuala, 2018)
S.Wassahua. Analisis Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Himpunan Siswa Kelas Vii Smp Negeri Karang Jaya Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. (Jurnal Matematika Dan Pembelajarannya 2016), Volume 2, No. 1. Issn 2303-0992.
Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitaitif, dan R&D. Bandung: Alvabeta, cv.
Umrana, Dkk. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa, (diakses 13 maret 2021).
Wulandari Desi, Proposal. Kemandirian Belajar Ditinjau Dari Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Ips Iceland Smas Sukma Bangsa Lhokseumawe. (Lhokseumawe: Iain Lhokseumawe, 2019)