Penerapan Pembelajaran Matematika Melalui Media Komputer Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Budi Agung Medan
Main Article Content
ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan media komputer dan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media komputer . Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Budi Agung Medan. Pengambilan Sampel dilakukan dalam penelitian ini adalah secara random atau acak, sehingga terpilih kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis Quasi Experimental Design, desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Dilanjutkan dengan uji hipotesis yakni menggunakan uji-t. Uji hipotesis dilakukan pada hasil posttest kedua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil pengolahan SPSS maka diperoleh t hitung = 2,238 dan t tabel = 1,684. Maka berdasarkan kriteria pengujian hipotesis tolak H0, yakni t hitung > t tabel dan diperoleh 2,238 > 1,684, dengan demikian terdapat peningkatan sehingga H0 ditolak.. dapat disimpulkan hasil belajar dengan pembelajaran menggunakan media komputer lebih baik daripada dengan pembelajaran biasa.
Kata kunci: Media Komputer, Hasil Belajar
Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 25-37
Arifuddin, A., & Arrosyid, S.R. (2017). Pengaruh metode demonstrasi dengan alat peraga jembatan garis bilangan terhadap hasil belajar matematika materi bilangan bulat. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 165-178
Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arimadona, S., Silvina, R., & Ramaza, F. (2022). Pengembangan media video animasi pembelajaran biologi berbasis daring materi sistem pencernaan manusia di SMP Negeri 2 Kecamatan Kapur IX. Journal on Teacher Education, 3(2), 120-126.
Aripin, U., Setiawan, W., Hendriana, H., & Masruroh, A. A. (2020). ASGAR (Animasi software Geogebra dan alat peraga) untuk mendukung proses pembelajaran matematika di kelas. Jurnal SOLMA, 9(2), 354–360
Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 64-73.
Bafadhol, I. (2017). Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 59-72
Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11
Istiqlal, M. (2017). Pengembangan multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika. JIPMat, 2(1).
Mazaly, MR. (2021). Penerapan Metode Belajar Aktif Tipe Index Card Match (ICM) dalam Pembelajaran Matematika. Medan. CSRID Journal, Vol.13 No.3A, hal.338-347
Muliaman, A., & Mellyzar. (2020). Metope. Journal of Chemsitry in Education, 9(2), 1–5
Musnaini, Khairiani, Akmal, N. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif Terhadap Kemmapuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 2 Meurah Mulia. Jurnal Arr-riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.2, No.2 Januari 2022.
Nurdyansyah, & Aini, Q. (2017). Peran teknologi pendidikan pada mata pelajaran matematika kelas III di MI Ma’arif Pademonegoro Sukodono. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 124–140.
Nurvitasari, N., Jaya, F., & Seituni, S. (2022). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 8(1), 257-267.
Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual pada materi koloid untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9-15
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta
Utami, Y.P., & Cahyono, D.A.D. (2020). Study at home: analisis kesulitan belajar matematika pada proses pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20-26