Pengaruh Pembelajaran Matematika Terintegrasi Islam terhadap Motivasi Belajar Siswa
Main Article Content
Mathematics learning activities continue to evolve. One of these developments is the practice of learning mathematics that is integrated with Islam. This is inseparable from the goal that mathematics not only fosters intellectual values, but can also express spiritual values in students. The purpose of this study is to determine the effect of Islamic integrated mathematics learning on student learning motivation. This research uses the literature review method and the sample is journals that have been published from 2014-2023 totalling 49 articles. The results of this study found that: 1) The research trend of Islamic integrated mathematics learning in increasing student learning motivation from year to year is increasing, 2) The research subjects that are often used in research are many at the MA / SMA level, which is 40%, 3) The type of research used in the article is literature review and qualitative, 4) The effect of Islamic integrated mathematics learning on increasing student learning motivation is very good. Educators are expected to implement Islamic integrated learning in mathematics classes.
Abdussakir, & Rosimanidar, 2017. Model Integrasi Matematika dan al-Quran serta Praktik Pembelajarannya. Makalah Semnas Integrasi Matematika dalam al-Quran. IAIN Bukittinggi.
Afrianti, A., & Imamuddin, M. (2022). Pengaruh Kecerdasan Spritual terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Lattice Journal: Journal of Mathematics Education and Applied, 2(2), 131-142.
Alawiyah, T. (2022). Penerapan Alat Peraga Tangan Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Materi Trigonometri di SMAN 5 Lhokseumawe. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.2 No.2 Juli 2022
Alifia, Zulia, & Trisna Roy Pradipta. 2021. "Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa dalam Penerapan Edmodo di Masa Pandemi COVID-19." Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 5(2),1062-1070.
Angkowo, R., dan Kosasih, A. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Grasindo
Aviola, N., Hayati, S., Pebria, W., Annisa, A., & Imamuddin, M. (2023). Pengaruh Pembelajaran Matematika Terintegrasi Islam Terhadap Pembentukan Karakter Siswa. KOLONI, 2(2), 195-204.
Dhoruri, Atmini. 2010. “Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Mtematika Realistik (PMR)”. Makalah. Yogayakarta: FMIPA UNY.
Diana, M., Netriwati, N., Suri, F.I., 2018. Modul Pembelajaran Matematika Bernuansa Islami dengan Pendekatan Inkuiri. Desimal J. Mat. 1, 7. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1906
Faizah, N., Febriani, P. I., Saputri, N. E., & Imamuddin, M. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Yang Berorientasi Pada Nilai-Nilai Moral. KOLONI, 2(2), 234-241.
Febrianti, S, Aniswita, Fernandes, R. (2023). Minat Belajar Matematika Siswa Kelas XII TKJ Di SMK Pembina Bangsa Bukittinggi. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.3 No.2 Januari 2023
Hakim, Abdul, Suparman, & Ahmad Reza. 2023. "Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Daring Inovatif Dan Kreatif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Smpn 1 Lape." Jurnal Ilmiah Mandala Education 9(1)
Hamzah B. Uno. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Hariyani, M., (2013). Strategi Pembelajaran Matematika Madrasah Ibtidaiyah Berintegrasi Nilai-nilai Islam. Menara Riau: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Pengembangan Masyarakat Islam, 12 (2). DOI: http://dx.doi.org/10.24014/menara.v12i2.418
Hikmah, A., Ilmi, A. N., Jannah, M., Lestari, T., Zahra, Z., & Imamuddin, M. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Integrasi Nilai-Nilai Islam Pada Tingkat SMP. KOLONI, 2(2), 213-219.
Imamuddin, M. (2022). Merancang Model Pembelajaran Matematika Kontekstual Islami Berbasis Literasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 6(1), 75-89.
Imamuddin, M., & Isnaniah, I. (2023). Peranan Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Matematika. Kaunia: Integration and Interconnection Islam and Science Journal, 19(1), 15-21.
Imamuddin, M., Musril, H. A., & Isnaniah, I. (2022). Pengembangan soal literasi matematika terintegrasi Islam untuk siswa madrasah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1355-1371.
M. Ngalim purwanto. (1992). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurhayati, T., Pasaribu, N. A., Oktaviola, R., Dari, D. W., & Imamuddin, M. (2023). Pengaruh Kemampuan Hafalan Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Matematika. KOLONI, 2(2), 188-194.
Oemar. H. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Prasetyo, Freddy, & Dadan Dasari. 2023. "Studi Literatur: Identifikasi Kecemasan Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa." RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika 4(2), 240-253.
Pujawan, I Gusti Ngurah. 2005. “Implementasi Pendekatan Matematika realistik dengan Metode PQ4R Berbantuan LKS dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 4 Singaraja”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, XXXVIII (Edisi Khusus), hlm. 774-792.
Russefendi, E.T. 2004. Pengajaran Matematika Modern. Bandung: Tarsito
Salafudin, S., 2015. Pembelajaran Matematika Yang Bermuatan Nilai Islam. J. Penelit. 12, 223–243. Sardiman, A.M., 2004. Interaksi & motivasi belajar mengajar. Rajagrafindo persada (rajawali pers).
Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo
Sarah, M., Nisa, N. R., Putri, Z. A., & Imamuddin, M. (2023). Hubungan Kecerdasan Spiritual Islam Dan Kesiapan Mental Siswa Terhadap Motivasi Belajar Matematika. KOLONI, 2(2), 205-212.
Sari, D. R., Nurfadila, N., Halimah, S., Akmal, W., Carolina, E., & Imamuddin, M. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Pada Pembelajaran Matematika. KOLONI, 2(2), 179-187.
Sugilar, H. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematik Siswa Madrasah Tsanawiyah Melalui Pembelajaran Generatif. [online] Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 2, No 2, September 2013.
Sutikno M. Sobry. (2004). Menuju Pendidikan Bermutu. Mataram: NTP Press.