Integrasi Pendidikan Dasar dan Ilmu Agama Islam di MI PGM Kota Cirebon
Main Article Content
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi integrasi IPS dan ilmu islam didalam pembelajaran di MI PGM Kota Cirebon, situasi dan kondisi yang masih memisahkan ilmu Pendidikan dasar dan ilmu agama islam menyebabkan masih banyak yang belum bisa mengintegrasikan antara ilmu Pendidikan dasar dan ilmu agama islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1)dalam pembelajaran IPS masih memisahkan diri dengan ilmu agama islam. 2) implementasi integrase Pendidikan dasar dan ilmu agama islam belum terealisasi dengan baik. Hal ini dapat berjalan dengan lancer kalau guru sudah bisa mengaitkan pembelajaran IPS dengan ilmu agama islam dalam menyampaikan materi, dan juga adanya konsep perluasan pembaharuan pendidikan sebagaimana yang dilakukan oleh K.H. Ahmad Dahlan dengan format mengintegrasikan pesantren tradisional dengan model sekolah Barat dengan berpijak pada sistem pendidikan nasional, Kedua, holistic transformative education, yakni pembakuan materi al-Islam di sekolah-sekolah yang didirikan oleh organisasi keagamaan seperti Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, Al-Irsyad dan yayasan-yasan islam lainya yang mendirikan lembaga pendidikan dengan identitas sekolah, Ketiga, modernisasi madrasah. Tonggak modernisasi ini dimulai ketika madrasah berubah status sebagai sekolah yang berciri khas agama Islam dengan merubah kurikulum pendidikan umumnya sama dengan sekolah bentuk modernisasi madrasah dalam konteks saat ini adalah munculnya madrasah unggulan seperti MI Unggulan Sabilillah, MI Miftahul UlumPlosorejo, MI Nurul Ulum, MI PSM Sulursewu, MIN Jabodetabek, MIN 1 Bandung, MIN 1 Kota Malang, MIN Darussalam Ciamis dan masih banyak madrasah lainnya yang masuk katagori sekolah unggulan.
Abdullah, M. Amin, Religion, Science and Culture an Integrated, Interconnected Paradigm Of Science, AlJāmi„a :Journal of Islamic studies Vol.52, No.1 (2014), 25.
Abdullah, Amin, Islamic Studies di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif-Interkonektif, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006), hlm. 50
Ali, Mohamad, Reinvensi Pendidikan Muhammadiyah (Jakarta: Al-Wasat Publishing House, 2010), 34-35
Azra, Ayzumardi, Reintegrasi Ilmu-Ilmu dalam Islam, (Bandung: mizan, 2005), hlm. 19
Azra, Azzumardi, Rekontruki Kritis Ilmu dan Pendidikan Islam, dalam Abdul Munir Mulkhan Dkk, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998), 80
Baharudin, Dikotomi Pendidikan Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011), hlm. 224
Ikrom, Dikotomi Sistem Pendidikan Islam “Dalam Paradigma Pendidikan Islam” (Semarang: Pustaka Pelajar Fakultas Tarbiyah IAIN Walisonggo, 2001), 81.
Mahzar, Armahedi, Revolusi Integralisme Islam, (Bandung: Mizan, 2004), hlm. 37
Manna„ Khalil al-Qattan, Mabahis fi „Ulumil Qur‟an , terj Mudzakir, (Bogor: Litera Antar Nusa,1996) xiii
Mastuhu, Memperdayakan Sistem Pendidikan Islam (Jakarta: Logos, 1999), 89.
Muhajir, Noeng, Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial Teori PendidikanPelaku Sosial Kreatif, (Yogyakarta, Rare Sakarin, 2000)
Mukminan dkk, Dasar-Dasar Pendidikan IPS, (Yogyakarta: FISE UNY, 2002)
Mukti, Abdul, Modernisasi Madrasah dan Spiritualisasi Sekolah dalam Reinvensi Pendidikan Muhammadiyah, (Jakarta: Al-Wasat, 2010) xviii-xix
Padmo, Soegijanto, Gerakan Pembaharuan Islam di Indonesia Dari Masa Ke Masa, (Yogyakarta: humaniora UGM, 2 Juni 2007), 157
Rahim, Husni, Madrasah Dalam Poitik Pendidikan di Indonesia (Jakarta: Logos, 2005),49
Suharto, Toto, Gagasan Pendidikan Muhammadiyah dan NU Sebagai Potret Pendidikan Moderat di Indonesia, ISLAMICA Jurnal Studi Keislaman Volume 9 Nomor 1, (September 2014), 01
Ungguh Muliawan, Jasa. Pendidikan Islam Integratif: Upaya Mengintegrasikan Kembali Dikotomi Ilmu dan Pendidikan Islam (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005 ), viii-x