Dinamika Kepemimpinan Di Sekolah Dasar
Main Article Content
Daya gerak suatu organisasi menjadi lebih maju atau mungkin menjadi semakin mundur sangat ditentukan oleh bagaimana pemimpin mempengaruhi pergerakan organisasi tersebut, melalui hubungan antara pemimpin itu sendiri dengan orang-orang yang ada dalam organisasi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya untuk mencapai tujuan organisasi. Kepemimpinan merupakan masalah manusia yang bersifat unik, masalahnya tidak sekadar menyentuh kehidupan manusia sebagai individu, tetapi juga sebagai makhluk sosial. Terdapat berbagai kelompok sosial dalam masyarakat kita, karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial. Menjadi seorang pemimpin dalam lembaga pendidikan memanglah tidak mudah, selain harus memahami betul siapa dirinya dan siapa yang dipimpinnya, seorang pemimpin harus mengetahui fungsinya sebagai pemimpin, mengerti situasi dan kondisi yang sedang terjadi, berusaha dengan sungguh-sungguh, bekerjasama, memberikan penghargaan terhadap bawahan yang memiliki kinerja tinggi, tetap fokus pada tujuan yang akan dicapai
Ahmad Ubaidah, A. F. (2021, April). Fungsi pemimpin dalam sebuah organisasi / Ahmad Faiz Ahmad Ubaidah [Monograph]. Buletin ACIS; UiTM Cawangan Negeri Sembilan. https://ir.uitm.edu.my/id/eprint/62195/
Akbar, N. (2017). TIPE DAN GAYA KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DAN DAKWAH. Al-Hiwar : Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah, 5(1). https://doi.org/10.18592/al-hiwar.v5i9.1883
Arifin, S. (2016). Dinamika Kepemimpinan Pondok Pesantren. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.32806/jf.v4i2.2751
Elsiana, E., Satmoko, S., & Gayatri, S. (2018). Pengaruh Fungsi Kelompok Terhadap Kemandirian Anggota pada Kelompok Tani Padi Organik di Paguyuban Al-Barokah Desa Ketapang, Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2018.002.02.4
Fajriyah, K., & Fajriyati, T. (2022). Upaya Pendekatan Kepemimpinan dan Model Kepemimpinan Kepala MI Ma’arif Kemangguan. Cakrawala Jurnal Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v6i1.437
Ginting, R., & Haryati, T. (2012). KEPEMIMPINAN DAN KONTEKS PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN. 2.
Isnaini, M. (2010). DINAMIKA KEPEMIMPINAN KOLEKTIF PESANTREN SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN ISLAM DI SUMATERA SELATAN. Publikasi Penelitian Terapan dan Kebijakan, 4(2), Article 2. http://ejournal.sumselprov.go.id/pptk/article/view/189
Lano, P. F. (2015). FUNGSI KEPEMIMPINAN UNTUK MENGURANGI SIKAP AROGANSI PEGAWAI. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (JISIP), 4(1). https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fisip/article/view/89
Sari, I. S. J. (2019). Hakekat, Dinamika Organisasi, Dan Fungsi Pemimpin Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Iqra’, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.30984/jii.v13i1.934
Sari, M., & Asmendri. (2018). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA, 2(1), 15.
Suci Musvita, Fitriana Putri Utami, & Sitti Nur Djannah, D. (t.t.). BUKU AJAR DINAMIKA KELOMPOK.
Susetyo, D. P. B. (2021). Dinamika Kelompok: Pendekatan Psikologi Sosial. SCU Knowledge Media.
Tampubolon, M. (2022). DINAMIKA KEPEMIMPINAN. SKYLANDSEA PROFESIONAL Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Teknologi, 2(1), Article 1.
Widayat, P. A. (2014). KEPEMIMPINAN PROFETIK. Akademika : Jurnal Pemikiran Islam, 19(1), Article 1.
Widiyastuti, M., & Arikunto, S. (2015). DINAMIKA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN SEKOLAH EFEKTIF DI SD KANISIUS KADIROJO, SENGKAN, DUWET. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/amp.v3i1.6272