Metode Pembelajaran Bahasa Arab untuk Anak-Anak Kelas III di SDIT Luqmanul Hakim
Main Article Content
Seiring bertumbuh pesatnya perkembangan sekolah-sekolah Islam terpadu di Indonesia, maka semakin meningkat pula lah kebutuhan akan bahan ajar bahasa Arab pun semakin besar.Allah Subhanahu wa ta’ala menurunkan kitab suci umat islam yakni al-Qur’an dengan bahasa Arab, Allah juga mengutus nabi terakhir juga berasal dari negri Arab yakni nabi kita Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, dan kitab-kitab yang ditulis para ulama terdahulu yang menjelaskan tentang ilmu agama juga dengan bahasa Arab. Dengan demikian, begitulah sebetapa pentingnya kita para anak muda dan seluruh umat muslim, untuk mempelajari bahasa Arab, dan metode-metodenya, karena dalam mempelajari bahasa Arab juga termasuk bagian dari mempelajari ad-diin (agama). Artikel ini mengkaji tentang materi ajar yang digunakan dan di ajarkan pada anak-anak berdasarkan buku yang di terbitkan oleh Pustaka Arafah dan di tulis oleh Rahmat Faisyal, yang berjudul Mudah Bahasa Arab Sd/MI. Pelajaran bahasa Arab termasuk pelajaran yang sulit jika kita mulai belajar saat sudah diusia tua, karena banyak hal yang harus kita hafal, dan tidak hanya sekedar hafal lalu lupa, melainkan memerlukan hafalan yang kuat. Dan perlu diketahui bahwasannya antara satu ilmu dengan ilmu yang lain, itu semua benar-benar saling berkaitan satu sama lain, karena itu kita harus memiliki kesungguhan serta ketekunan dan kesabaran dalam mempelajari bahasa Arab ini. Walaupun keberhasilan pasti datangnya dari Allah, tetapi keberhasilan pasti ada hubungannya dengan kesungguhan dan kesebaran.
Faisal, R. (2012). Belajar Mudah Bahasa Arab untuk Kelas 3 SD/MI. pustaka arafah.
Fratama, R. (2023). Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab. Jejak Pustaka.
Harahap, E. (2022). Pendidikan Anak Usia Dini. Nasya Expanding Management.
Hidayah, N. (2017). TPR ( Totally Physical Response ) Sebagai Metode Yang Efektif Untuk Meningkatkan Pemahaman Kosa Kata Bahasa Arab Bagi Anak-Anak. Pembelajaran Bahasa, Sastra Dan Budaya Arab, 53–63. http://arab.sastra.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/11/05-Nuriyatul-Hidayah.pdf
Parinduri, R., Satriyadi, & Hemawati. (2022). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Hadis Riwayat Bukhari (Setiap Anak Dilahirkan Dalam Keadaan Fitrah). Jurnal Generasi Tarbiyah, 1(1), 44–63.
Switri, E. (2019). Penerapan Metode Manhaji pada Pembelajaran Bahasa Arab. Qiara Media.
Wekke, I. S. (2014). Model Pembelajaran Bahasa Arab. Deepublish.