Partisipasi Orang Tua dalam Mengenalkan Alquran Melalui Huruf Hijaiyah pada Anak Usia 4 Sampai 6 Tahun
Main Article Content
Karya ilmiah ini membahas mengenai Partisipasi orang tua dalam mengenalkan huruf hijaiyah pada anak di Gampong Pusong Lama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dari partisipasi orang tua dalam mengajarkan baca tulis huruf hijaiyah anaknya, bagaimana respon orang tua terhadap kemampuan baca tulis huruf hijaiyah anak, bagaimana respon orang tua terhadap kemampuan baca tulis huruf hijaiyah anak dan apa faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam mengajarkan baca tulis huruf hijaiyah kepada anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan lapangan, dan pendekatan penelitiannya adalah kualitatif. Yang menjadi subjek penelitiaannya adalah orang tua yang memiliki anak umur 4-6 tahun. Teknik pengumpulan data yang saya gunakan adalah wawancara, teknik analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Partisipasi orang tua terhadap baca dan tulis huruf hijaiyah anak di Gampong Pusong Lama melalui wawancara dan menunjukkan hasil bahwa bentuk dari partisipasi orang tua adalah selalu menyediakan waktu untuk mengajarkan anaknya belajar, memilih TPA yang bagus untuk belajar. Faktor pendukung orang tua dalam keberhasilan belajar membaca dan menulis anaknya adalah pemberian motivasi, dorongan, serta dukungan kepada anak, juga menyediakan sarana yang memadai dan adapun faktor penghambat orang tua dalam keberhasilan anaknya belajar membaca dan menulis huruf hijaiyah adalah Orang tua itu sendiri, sebagaimana kita tahu sifat orang tua yang acuh tak acuh kepada anak dan kurangnya pemberian dorongan dan motivasi dapat menghambat proses belajar anak.
Ayi Sumarna, bentuk dan jenis partisipasi (https://ciburial.desa.id/bentuk-dan-jenis-partisipasi/), di akses pada 25 april 2016.
Alim, Muhammad, Pendidikan Agama Islam (Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim), (Bandung: PT Remaja Rosdakarya), 2011.
Muslim, Shoheh, Bulughul Maram, 2012
Darajat, Zakiyah, Methodik Khusus Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: Bumi Aksara), 1995.
Dwiningrum, Siti Irene Astuti. (Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan.(Yogyakarta: Pustaka Pelajar), 2011.
Helmawati, Pendidikan Keluarga Teoritis dan Praktis, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya), 2014.
Nata, Abuddin, Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan (Tafsir Al-Ayat Al-Tarbawiy), (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada), Cet ke-4, 2010.
Saifuddin, Ahmad, “Psikologi Agama, implementasi psikologi untuk memahami perilaku beragama “(Jakarta timur,divisi kencana), 2012.
Sanjaya, Wina, Penelitian pendidikan (jenis, metode, dan prosedur), Jakarta, 2012.
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D), Alfabeta Bandung, 2012.