Pembelajaran Daring di Era Covid-19 (Fenomenologi Pembelajaran di RA IT Insan Qur'Ani)
Main Article Content
Penelitian ini mengindentifikasi model pembelajaran dimasa pandemi Covid-19. Adanya Covid-19 yang mewajibkan peserta didik untuk belajar dirumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Upaya guru dalam mengembangkan pembelajaran daring di era Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dukumentasi. Teknik analisis data menggunakan Pheomenologinal Analysis dari Creswell yaitu data Managing, Reading dan Memoing, Describing, Classifiying dan Interpreting kemudian Representing dan Visualizing. Hasil penelitian ditemukan upaya guru dalam mengembangkan pembelajaran daring di era Covid-19 ada dua indikator yaitu melalui komunitas belajar Home Visit dan apresiasi bintang Star Board. Implikasi penelitian ini adalah guru dapat menggunakan berbagai upaya untuk mengembangkan pembelajaran anak usia dini dimasa pandemi covid-19.
Anjelin, A. E., & Purnomo, H. (2021). Efektivitas pembelajaran daring siswa Sekolah Dasar di masa pandemi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(3), 159-163.
Atiqoh, L. N. (2020). Respon orang tua terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 45-52.
Creswell. 2014. Penelitian Kulitatif, Kuantitatif dan Mixed, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.
Fitri, N. L. (2019). Pemanfaatan grup whatsApp sebagai media informasi proses belajar anak di kb permata bunda. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 151-166.
Kuswarno, E. (2009). Fenomenologi: Metodologi Penelitian Komunikasi. Bandung: Widya Padjadjaran.
Mohmamad Surya. 2013. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada).
Nuraini Idris. (2013). Penyelidikan Dalam Pendidikan. Kuala Lumpur: Mc Graw Hill Education
Othman Lebar, (2017). Penyelidikan Kualitatif Pengenalan Kepada Teori Dan Metode. Malaysia : Perpustakaan Negara Malaysia
Sari, D. D., (2021). Pemanfaatan Whatsapp Group Sebagai Sarana Komunikasi Guru Dan Orangtua Siswa Selama Masa Pandemi Covid 19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 2(1), 79–88. https://doi.org/10.37859/eduteach.v2i1.2324
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional