Studi Literartur: Analisis Metode Pembelajaran Relasi dan Fungsi
Main Article Content
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan mendeskripsikan metode pembelajaran yang relevan dan fungsional terkait pembelajaran Relasi dan Fungsi. Metode penelitian ini didasarkan pada tinjauan literatur. Tahapan kajian pustaka ini adalah pengumpulan data dari berbagai jurnal yang membahas tentang materi Relasi dan Fungsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kurang lebih 22 artikel yang sesuai dengan variabel penelitian, ditemukannya dari 22 artikel tentang materi relasi dan fungsi yang diterbitkan antara tahun 2014 sampai 2023.
Anggraini, N. S., Hamidah, D., & Rahayu, D. S. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII di SMPN 1 Tanjunganom. Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), 4(2), 79-86.
Arfany, F. P., & Faradiba, S. S. (2022). Karakterisasi Kesalahan Konsep Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Relasi dan Fungsi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3044-3058.
Cahya, I. M., & Warmi, A. (2020). Analisis tingkat kemampuan penalaran matematis siswa SMP pada materi relasi dan fungsi. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).
Halawa, J. S., & Heksa, D. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep pada Materi Relasi dan Fungsi. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 11-18.
Hima, L. R. (2017). Pengaruh pembelajaran bauran (blended learning) terhadap motivasi siswa pada materi relasi dan fungsi. JIPMat, 2(1).
Ismail, S. M., Zakaria, P., & Isa, D. R. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Jambura Journal of Mathematics Education, 4(1), 81-87.
Jawa, A. N., Bela, M. E., & Bhoke, W. (2022). Pengembangan Bahan Ajar pada Materi Relasi dan Fungsi Berbasis Pendekatan Penemuan Terbimbing untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1568-1583.
Kartika, M., & Hiltrimartin, C. (2019). Penerapan model eliciting activities (MEAs) dalam pembelajaran matematika materi relasi dan fungsi. Jurnal Gantang, 4(2), 161-168.
Khansa, S. L., Pramudya, I., & Kuswardi, Y. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning dengan strategi arias untuk meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar pada materi relasi dan fungsi. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, 2(4), 259-272.
Kusuma, A. P., Rahmawati, N. K., & Sari, A. K. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Menggunakan Metode Pembelajaran Matematika Realistik dan Metode Ekspositori pada Materi Relasi dan Fungsi di Kelas VIII SMPN 205 Jakarta. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 13(24), 119-125.
Lesiana, F., & Hiltrimartin, C. (2020). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp Dalam Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 38-47.
Malmia, W., & Makatita, S. H. (2022). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Card Sort Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 9350-9355.
Muhammad, I., Yolanda, F., Andrian, D., & Rezeki, S. (2022). Pengembangan media interaktif menggunakan adobe flash CS6 profesional pada materi relasi dan fungsi. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(1), 128-140.
Muliawati, F. N., & Sutirna, S. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 32-42.
Munawaroh, M., & Alamuddin, A. (2014). pengaruh penerapan model pembelajaran snowball Throwing terhadap hasil belajar matematika siswa dengan pokok bahasan relasi dan fungsi. EduMa, 3(2), 163-173.
Muthmainnah, M., Hapizah, H., & Somakim, S. (2019). Penerapan strategi probing prompting dalam pembelajaran matematika materi relasi dan fungsi di SMP. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 27-37.
Pendy, A., & Mbagho, H. M. (2020). Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Basicedu, 5(1), 165-177.
Pornamasari, E. I. (2016). Pengembangan modul pembelajaran berbantu flipbook maker dengan model pembelajaran numbered heads together (NHT) berbasis teori Vygotsky materi pokok relasi dan fungsi. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 74-83.
Purba, U. A., & Warmi, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. PRISMA, 11(1), 82-92.
Rahayu, S., Mardiyana, M., & Sari, D. R. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Dan NHT Padapokok Bahasan Relasi Dan Fungsi Ditinjau Dari Adversity quotient (AQ) Siswa Kelas VIII SMP Negeri Di Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung. Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(3).
Ramadan, F. A., & Arfinanti, N. (2019). Pengembangan Mobile Learning Rensi (Relasi dan Fungsi) Berbasis Android pada Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(1), 42-50.
Rosidah, I. D., Nadya, N., Hasanah, U., & Sulistiawati, S. (2019, June). Analisis problematika peserta didik pada mata pelajaran matematika materi relasi dan fungsi. In Seminar & Conference Proceedings of UMT.
Sari, N. H., Anita, I. W., & Maesyaroh, E. (2023). PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(2), 685-692.